Member Of

KEB

Rabu, 26 Desember 2018

Explore Yogyakarta Part 4 : Seribu Batu Songgo Langit


Bismillahirrahmanirrahiim..

 Satu lagi destinasi wisata alam di kawasan Mangunan yaitu Seribu Batu Songgo Langit. Tempat wisata alam yang bertarif sangat murah ini masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Manggunan dan Kebun Buah Mangunan. Menurut informasi yang saya baca, destinasi wisata yang mempunyai banyak spot untuk berfoto ini ini mulai ngehits di tahun 2017. Jadi kalau kalian ke sana saat ini,berarti tidak begitu ketinggalan zaman karena sekarang masih tahun 2018 .

Dinamakan seribu batu mungkin karena di kawasan ini banyak terdapat batu- batu alam yang bentuknya sangat unik dalam berbagai ukuran. Meski begitu, kita tidak hanya akan menemukan batu-batu saja,kok. Ada taman kecil, rumah rumah unik dari kayu,dan lain sebagainya.


nama lainnya rumah kurcaci
Lokasi dan Akses
Mengenai lokasi dan akses sama ya, dengan destinasi wisata di kawasan Mangunan lainnya yang telah lebih dulu saya tulis. Untuk mencapai lokasi,percayakan sama google map atau waze. Untuk kendaraan bisa kendaraan roda 4 MP jadii gak harus 4 x 4 , motor, dan lain sebagainya. Untuk rute dari mana ,naik apa, saya kurang paham karena saya bukan orang Jogja ,mungkin lebih baik naik taksi online saja hehe.










Tiket
Tiket masuk terhitung murah, hanya Rp2500/ orang dan parkir kendaraan Rp5000/ mobil. Untuk motor ,pastinya lebih murah,ya. Dengan banyaknya spot indah yang bisa kita nikmati tentu gak sebanding dengan harga tiket yang hanya Rp2500/ orang maka kita jaga baik-baik ya dengan tidak merusaknya dan tidak membuang sampah sembarangan .














susah nunggu sepi orang buat motret.taman toempah
Fasilitas
Fasiltasnya sama dengan fasilitas di tempat wisata lain di kawasan mangunan. Toilet bersih, mushola lumayan luas, kantin, dan area parkir yang sejuk karena di bawah pepohonan. Untuk kalian yang suka kemping, di kawasan ini juga ada camping groundnya,kok dan terdapat area outbond juga yaitu flying fox. Lengkap,deh pokoknya. Oh ya terdapat kandang rusa juga,lho ya. 

Rumah Hobit
Nha di dalam kawasan Seribu Batu Songgo Langit ini ada yang namanya Rumah Hobbit. Jadi kalau kalian gugling dan menemukan destinasi wisata bernama Rumah Hobbit maka kalian masuk terlebih dahulu ke kawasan Seribu Batu Songgo Langit. Rumah Hobbit itu ya kecil-kecil,namanya juga hobbit,kan . Kalo gede namanya rumah raksasa hehe. Puaskan hasrat selfie kalian di rumah- rumah mungil ini.


salah satu rumah hobbit
Taman Tumpah
Selain pemandangan berupa batu, kita juga bisa melihat taman kecil yang bernama taman tumpah. Disebut taman tumpah karena penampakannya memang seperti bunga yang tumpah. Tapi meski taman, sepertinya kurang cocok untuk beradegan muter muter sambil nyanyi ala film India hehe. Tamannya mini sekali.

Rumah Kayu
Susah sekali mendapat foto rumah kayu yang sepi dari orang maka saya memotretnya kurang maksimal,deh. Rumah kayu ini disebut juga rumah kurcaci. Beberapa rumah terbuat dari kayu yang disusun rapi berjejer sedemikian rupa. Spot yang cocok untuk berfoto rame rame dengan formasi yang unik. Silahkan dicoba,ya.



area outbond
Puncak Songgo Langit
Untuk puncak ini kami tidak datangi karena sudah kelelahan hehe. Tapi menurut yang saya baca, di puncaknya terdapat gardu pandang tinggi yang dapat kita gunakan untuk mengamati alam sekitar dari atas.














batu alam banyak terdapat di sini
Jeep 4x4
Nha di samping loket untuk membeli tiket ada X banner yang isinya menawarkan paket trip dengan mobil jeep. Di samping X banner tersebut ada penjaga yang akan menjelaskan maksud dari paket trip tersebut. Dengan mobil jeep 4 x 4 lengkap dengan driver kita akan meng-explore beberapa destinasi wisata di kawasan tersebut. Jumlah destinasi tentu menyesuaikan harga.
Waktu itu kami mencoba paket paling murah yaitu paket 350.000 karena kami ingin merasakan mobil 4 x 4 hehe. Sebenarnya hanya ada satu destinasi wisata yang harus dengan jeep yaitu Watu Mabur. Destinasi lainnya bisa kami jangkau dengan mobil kami. Mobil kami udah berpengalaman diajak ke Jonggol, Ujung genteng yang tracknya lumayan tricky. Tapi kamii tetap menyewa jeep karena ingin mencoba itu tadi. Ternyata memang beda ya mengexplore hutan dengan jeep dan dengan MPV hehe.


paket trip dengan jeep 
Ini ya kontak salah satu petugas yang menyediakan paket trip,namanya Mas Fajar +62 818-0411-1686. Selain menjelaskan mengenai paket trip , mereka juga menawarkan homestay  bila kita belum menemukan homestay. Saya pun dibantu menemukan homestay di sekitar kawasan tersebut. Biasanya mereka menawarkan untuk melihat kabut di destinasi wisata sekitar,seperti di Kebun Buah Mangunan. Waktu itu kami mulai berangkat sekitar pukul 05.30 Bila kita memilih homestay masih di kawasan wisata Mangunan maka mereka akan menjemput kita ke homestay dengan jeep. Seru ,lho meng-eksplore kawasan ini dengan jeep. 













Demikian ya review saya semoga bisa jadi referensi kalian yang yang ingin berwisata alam di Yogyakarta. Bila di lokasi jaga kebersihan dan keindahannya,ya supaya lokasinya awet,banyak orang bisa piknik ke lokasi tersebut. 
























rumah hobbt





















what?
























satu jeep bis abuat berempat,berlima dengan driver









Tidak ada komentar:

Posting Komentar