Member Of

KEB

Selasa, 25 Desember 2018

Explore Yogyakarta Part 3 : Kebun Buah Mangunan, Negeri di Atas Awan


Bismilllahirrahmanirrahiim..

Kenapa ada tagline negeri di atas awan untuk destinasi wisata alam yang nge hits ini ? Ya karena memang ada spot (yaitu gardu pandang di puncaknya ) yang bila pagi hari buta, kita dapat melihat munculnya kabut tebal di kejauhan. Kabut tersebut menutupi sungai besar yaitu sungai Oya yang ada di bawahnya dan sebagian perbukitan Sewu yang mengitarinya,hingga bila kita berfoto di gardu pandang tersebut, kita seperti sedang di atas awan. Tapi kami sedang tidak beruntung karena meski sudah pagi pagi datang, kabut hanya muncul tipis dan segera menghilang. Untuk menunggu hingga sore pun,jelas membuang buang waktu.



di sini kalo pagi muncul kabut
kali bahkan gunungnya sampai tidak terlihat
Tapi bagi saya,meski tidak bisa melihat munculnya kabut tebal, Kebun Buah Mangunan tetap berkesan karena di puncak kebun buah ini kita dapat melihat dengan jelas pemandangan hijau dari pegunungan Sewu/ Seribu yang di bawahnya mengalir sungai Oya. Sebuah pemandangan yang indah dan menyejukkan.

Di bagian kebun, sebelum puncak ditanami berbagai jenis buah-buahan,seperti rambutan,sirsak, jambu air,dan lain lain. Namun,ternyata kebun buah ini tidak menghasilkan karena ketika kami ke sana, nyaris tidak ada pohon yang berbuah. Menurut informasi yang saya baca pun memang tidak pernah ada kabar berita mengenai panen buah di kebun ini. Tapi meski begitu pengunjung tetap ramai karena daya tarik pemandangan di puncaknya bahkan Kebun Buah Mangunan bisa disebut pelopor destinasi wisata alam kekinian.


spot foto yang instagramable!
Waktu Terbaik
Waktu terbaik untuk mengunjungi puncak kebun buah yang kian ngehits ini adalah di mulai pagi hari buat,sekitar pukul 04.00 atau ketika matahari tenggelam . Kita akan dapat melihat kabut tebal, sunrise,dan sunset. Bila siang,sepertinya lebih enak di kebun buahnya karena di puncaknya akan terasa panas.

Lokasi
Lokasi kebun buah yang dibangun tahun 2003 ini masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan yaitu di Mangunan, Dlingo, kabupaten Bantul, DIY. Karena memang berada di satu kawasan jadi dapat memudahkan para pengunjung, sekali tempuh beberapa obyek wisata alam dapat kita kunjungi, seperti yang kami lakukan tempo hari. Hal ini tentu menghemat waktu.

seru ya ngadain acara di sini
Akses
Untuk aksesnya bisa dijangkau dengan kendaraan roda 2 dan 4 bahkan untuk ke puncaknya sekalipun. Kalau mau memarkir kendaraan di bawah boleh juga lalu menuju puncaknya dengan berjalan kaki sehingga semakin lama bisa menikmati pemandangan kebun yang 23,3 ha ini. Kalau untuk kendaraan umum kami kurang paham karena kami bukan orang Yogyakarta hehe.

Fasilitas
Sepertinya kebun buah yang berada di 150-200 mdpl ini adalah tempat wisata alam di kawasan Mangunan yang mempunyai fasilitas paling lengkap. Selain toilet, mushola, parkiran luas, kios penjaja makanan dan minuman, juga terdapat camping ground, tempat memancing, budidaya tanaman hidroponik, panggung acara dll bahkan pernah saya baca ada wisata air.



Tiket
Ketika kami ke sana berempat dengan satu mobil hanya diminta membayar 18.000. Mungkin karena Haifa masih kecil jadi tidak dihitung. Menurut informasi yang saya baca,sih harga tiketnya 5000/ orang. Tentu harga ini sangat murah ,terlebih untuk kami yang biasa tinggal di Jadebotabek hehe. Rp5000,00 bisa untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa menyejukkan. Tapi memang di Bantul jauh relatif lebih murah daripada di pusat kota Yogyakarta,sih apalagi bila dibanding dengan di Jakarta atau Depok hehe.



Instagramable !
Destinasi wisata yang sedang ngehit pastinya mempunyai spot spot yang cocok untuk berfoto yang instagramable. Nha, kalian yang hobi selfi,wefi atau apapun, dijamin puas di sini. Bisa berfoto dengan background pegunungan yang menghijau dan dibelah oleh sungai yang mengalir, background kekinian yaitu berupa rangkaian bunga bentuk hati pun ada. Yuk ke Jogja !




sungai oya yang melintasi
wisata alam di kawasan mangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar