Member Of

KEB

Senin, 24 April 2017

Tampilan Baru PP-TPTEK TMII

Bismillahirrahmanirrahiim...

gbr:www.tamanmini.com
lorong ilusi
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu tempat wisata edukasi yang murah meriah dan menyenangkan . Pilihan tempat wisata edukasinya banyak sekali dan semuanya dengan harga terjangkau untuk rakyat biasa sekalipun apalagi sekarang museum museumnya lebih terlihat cerah,cheerfull,tidak seperti museum pada umumnya yang tampak kusam dan tidak menarik meski ada beberapa yang belum di renovasi,seperi museum telekomunikasi yang tampak kumuh dari luar. Begitu ke dalam ternyata memang mengenaskan  hehe karena banyak atap yang bocor jadi banyak sekali ember penampung bocoran air hujan. Jadi lebih tepat bernama museum ember hehe.

Kali kedua mengunjungi salah satu wahana edukasi di TMII yang mungkin paling banyak dikunjungi anak sekolah yaitu PP IPTEK atau Puspitek atau dulu bernama museum iptek,saya rasakan tampilan yang sekarang lebih bagus, lebih fun dan tidak banyak alat peraga yang rusak seperti dulu. Kalau dulu ,sepertinya tampak tua, kusam ,gak cerah,dan sedikit sekali alat peraganya/  sekarang lebih cheerfull,menyenangkan,lebih lengkap. Banyak alat peraga baru yang mengesankan science is fun. Jadi kita seperti bermain main padahal kita sedang belajar pelajaran sciece. Anak -anak pasti suka. Wahana edukasi yang idenya muncul dari Pak Habibie ini bertujuan menyadarkan kita akan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan.

Tiket masuk PP IPTEK yang hanya 16500 menurut saya terhitung murah untuk bisa menikmati dan menggunakan banyak sekali alat peraga iptek yang tentu saja harganya tidak murah maka saran saya digunakan yang baik, baca petunjuk pemakaian biar tidak cepat rusak. Tiket tersebut khusus masuk PP IPTEK ya  jadi tidak termasuk tiket masuk kawasan TMII dan parkir kendaraan.

Ruang peraga dibagi dalam bberapa jenis. Ruang peraga untuk usia dini ada. Di sini anak bisa main puzle, main musik, mendengarkan suara hewan ,dll. Ruang peraga mekanik banyak mengajarkan banyak hal,misalnya mengajarkan lebih muda mana mendorong atau mengangkat,benda bentuk tertentu lebih mudah didorong,dst . Ada ruang peraga getar dan gelombang. Di ruang ini kita bisa belajar tentang pita suara, ada ruang peraga listrik yang ternyata begitu menakjubkan. Ada ruang peraga matematika, cocok nih buat yang suka matematika. Pada jam jam tertentu juga ada peragaan sains.Waktu peragaan ada di jam jam tertentu,selain tertulis di papan pengumuman juga akan diumukan melalui pengeras suara.

laser trap.seru!
Lalu, apa,sih yang baru di PP IPTEK? ada robot optimus prime di depan pintu masuk hehe. Gak hanya itu ajah,sih . Begitu masuk kita bisa melihat deorama tyrex dan kawan kawan lengkap dengan hutan yang berisi tanaman purba. Deoramanya bergerak dan bersuara jadi persis seperti di hutam taman legenda,wahana baru di TMII. Jadi kita bisa mendengar suara tyrex dan kawan - kawannya.
ruang sain untuk anak
Kemudian, ada permainan baru,seperti mirror waze, laser trap, ilusi, dll. Seru lho main di permainan ini. Ini bukan sekedar permainan,sih tapi bisa dijelaskan secara ilmiah kenapa bisa seperti itu.  Ada sepeda di atas tali juga. Pokoknya overall menggambarkan sciense is fun. Anak-anak gak bakal bosan di sini bermain di wahana yang konon luasnya sekitar 42.000 meter persegi dengan bentuk bangunan yang futuristik.

belajar tentang listrik dan magnet seruu!
Yuk wisata edukasi ke PP IPTEK dan kita jaga sama sama ya sarana dan prasarana di sana. kan buat kita kita juga,ya kan ya kaaan?

belajartentang getaran dan gelombang


















belajartentang gerakan tulang
demo sains

naik sepeda dengan roda kotak hehe





Minggu, 19 Maret 2017

Kewibawaan Hasan Al Bashri

Bismillahirrahmanirrahiim...

gambar dari idislam.blogspot
Ada banyak kisah teladan dari seorang Tabi'in mulia yang sangat berilmu yaitu Hasan Al Bashri. Awalnya saya mendengar Hasan Al Bashri ini dari guru ngaji Haifa dan Danu yang sering sekali  mengutip nasehat dari ulama salaf yang merupakan anak dari seorang budak Zaid bin Tsabit yaitu Yasaar . Ibunya merupakan budak dari istri Rasulullah SAW  Hindun binti Suhail (atau Ummu Salamah ) yaitu Khairah. Karena penasaran maka saya googling  siapa sebenarnya Hasan Al Bashri ini dan ternyata kisahnya memang penuh keteladanan . Oh ya, meeski Ummu Salamah bukan ibunya tapi beliau juga menyusui Hasan Al Bashri. Dalam satu kisah saya membaca bahwa Ummu Salamah bisa menghasilkan ASI sehingga beliau menyusui Hasan ketika ibunya pergi dalam tugasnya sebagai budak yaitu untuk keperluan majikannya.

Dari sekian banyak kisah teladan yang menggugah jiwa ,ada satu kisah yang kurasa relevan dengan kondisi saat ini di mana ulama seperti tidak dihargai,seperti tidak ada wibawanya. Entah karena banyakmanusia kurang ajar gak tau adab terhadap ulama atau ulama sendiri yang memposisikan demikian. Wallahu'alam. Satu yang pasti ulama pewaris nabi maka harus dihormati

Sejak Usia 14 tahun Hasan muda bersama orang tuanya pindah ke Bashrah . Itulah kenapa namanya menjadi dikenal sebagai Hasan Al Bahsri. Ya,karena beliau tinggal di Bashrah. Beliau belajar fiqih,hadist, dan lain sebagainya hingga singkat cerita beliau menjadi seorang ulama besar yang terkenal.

gambar dari kajian salaf
Suatu ketika Irak dipimpin oleh seorang raja yang kejam dan dzolim yaitu Hajjaj Bin Yusuf Ats tsaqafi. Hasan Al Bashri termasuk orang yang menentang kekejaman Hajjaj. Suatu hari Hasan Al Bahsri diundang dalam peresmian sebuah bangunan megah yang dibangun Hajjaj. Dalam acara itu beliau memberikan ceramahnya yang intinya mengkritik kemewahan ,kekejaman Hajjaj. Beliau mengingatkan agar berlaku zuhud terhadap dunia. Fir'aun yang yang membangun bangunan lebih megah dari bangunan yang dibuat Hajjaj pada akhirnya luluh lantak juga. Beliau terus memberikan kritik kepada penguasa dzolim hingga orang orang mengkhawatirkan keselamatannya. Namun beliau tetap bersikeras untuk menyampaikan kritiknya karena menurut beliau Allah sudah mengambil sumpah para ulama agar menyampaikan kebenaran dan tidak menyembunyikanya.

Mandapat kritikan terus menerus,Hajjaj merasa terhina maka ia memerintahkan kepada anak buahnya agar menangkapkan dan Hajjaj bersumpah akan meminum darahnya. Ketika Hasan Al Bashri tertangkap dan di bawa ke algojo, beliau membaca sesuatu kemudian berjalan ke arah Hajjaj dengan penuh wibawa sebagai seorang ulama yang tidak mau tunduk kepada penguasa dzolim. Demi melihat wajah Hasan Al Bashri yang berwibawa, Hajjaj melunak lalu mempersilahkan Hasan Al Bashri duduk di kursinya . Hajjaj menanyakan banyak hal tentang ilmu agama dan jawaban Hasan Al Bashri membuat Hajjaj terkesan karena menunjukan keluasan ilmu. Hajjaj memujianya dan selamatlah Hasan Al Bashri dari algojo Hajjaj.

Seseorang menanyakan kenapa Hajjaj tidak jadi membunuhnya padahal sebelumnya sangat marah hingga bersumpah ingin meminum darahnya. Hasan Al Bashri menjawab dengan kerendahan hati seorang ulama, saya berdoa,"Wahai Allah yang Maha melindungi dan tempat bersandar,jadikanlah amarahnya menjadi dingin dan menjadi keselamatan bagiku sebagaimana Engkau jadikan api menjadi dingin demi keselamatan Ibrahim.”
Konon Hasan Al Bashri sering mengalami kejadian serupa yaitu lolos dari kekejaman penguasa dengan penuh wibawa. Masya Allah.




The Otong Series : Part 3 Jual Pisang

Bismillahirrahmanirrahiim...


Zuki : e buset berat amat ini pisang. Babe lu tong kagak ada modern moderennye,masa mau merantau suruh bawa pisang,setandan lagi.

Otong : udeh lu sabar sabarin aje,bentar lagi nyampe di warung Kong Naim,kite jual dapat duwit kagak berat lagi ,deh kite bawanye. Nah tuh Kong Naim keliatan !

Zuki : assalamu'alaikum kong

Kong Naim : wa'alaikumusalam. Eh Jones, ade ape?

Otong : bujuk buneng, gaul juga ni engkong engkong,tau aje jones.

Kong Naim : (ketawa menunjukan giginya yang sudah gak lengkap) pan emang elu pade nyang belum kawin. Si mamat noh anak udeh selusin aje.

Zuki : ya kali kelinci,anak ampe selusin. Kong,aye mau jual pisang ni. Tapi Kong diem diem ye,jangan ampe babe otong tau.

Kong Naim : lu pade nyolong?! Astgahfirullah...udeh Jones ,nyolong. Dosee,kualat lu ame orang tue.

Otong : Kong naim buruk sangka aje. Kagak nyolong,kong. Ini aye ame zuki mau ke kota.dibekelin babe pisang setandan.

Kong Naim : e buset. Babe lu kolotnye kagak ilang ilang,nyang bener aje bekel pisang setandan. Ya kali mau ngebesan.

Zuki : nah,yang begini aye demen dah. Jadi laku berapa ni kong, bisa kagak buat idup sebulan di kota?

Kong Naim : lu kira jual tanah sepetak bisa buat idup sebulan. 70 rebu dah. Ini cash!

Zuki : yah kong tambahin,itung itung ngongkosin cucu

Kong Naim : bujuk, cucu kong mane ade yang ngenes kayak elu pade. Ya dah aye tambahin jadi 85 rebo. Pegimane?

Otong : boleh dah kong, mayan buat makan semur jengkol .

Kong Naim : Tong,merantau kudu prihatin, tahan dulu buat makan jengkol.jengkol lagi mahal. Mendingan makan orek tempe ,Tong.





Minggu, 12 Februari 2017

Tips Menghadapi Kesulitan Hidup

Bismillahirrahmanirrahiim

Keadaan yang sulit mungkin membuat kita mengeluh. Wajar,kita ini manusia yang sudah digariskan penuh keluh kesah kok. Bayangkan saja, tarif ini  itu naik, bahan baku makanan naik sementara sumber penghasilan hanya itu dan penghasilan pun tidak ikut naik. Tapi ingat,kita juga diberi akal pikiran yang seharusnya digunakan untuk berpikir mencari solusi atas keadaan sulit tersebut. Kita juga punya Allah yang maha kaya. Jadi kalau pun mau mengeluh sebentar  saja,jangan keterusan ,nanti malah tambah sulit hidup kita. Habis mengeluh istighfar hehe.
Kebanyakan kita mungkin gak sadar bahwa sebenarnya kesulitan itu banyak sekali manfaatnya. Kapan doa kita lebih khusyu', saat sulit atau saat senang? kapan usaha kita bisa maksimal, saat sulit atau saat senang ? ya ,saat kesulitan, kesusahan hidup menghampiri, doa-doa kita lebih khusyu', upaya mendekat kepada Allah lebih serius,  usaha kita lebih maksimal. Kesulitan juga menempa jiwa kita menjadi kuat yang bisa survive dalam segala kondisi. Bahan orang -orang sukses,orang -orang besar yang mendunia juga ditempa kondisi yang sulit luar biasa. 

1. Berbaik sangka
berbaik sangka sama Allah itu penting karena Allah itu sebagaimana prasangka hambaNya. Disangka baik ya baik,begitu juga sebaliknya. Dengan berbaik sangka maka cara pandang kita terhadap kesulitan akan berbeda. Bagaimana ya berprasangka baiknya? mungkin Allah ingin kita lebih hemat, mungkin Allah ingin kita lebih mendekat kepadaNya karena selama ini begitu menjauh dengan segala kemudahan yang ada, mungkin Allah ingin kita punya jiwa yang kuat jadi Allah kasih kesulitan,dst dst. Intinya persangkaan yang baik kepada Allah. 
Hadits abu hurairah r.a. ia berkata rasulullah saw.bersabda: "Allah berfirman: 'Aku berada pada sangkaan hamba-Ku, Aku selalu bersamanya jika ia mengingat-Ku, jika ia mengingat-Ku pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkalmaka Aku mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat pada-Ku satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari."

gambar dari yufidTV

2. Bersabar 
Sabar itu selain sebagai sebuah sikap mengendalikan diri, menahan diri untuk tidak mengeluh yang berlebihan, juga merupakan upaya untuk mencari solusi. Dalam kondisi sulit,sabar itu bukan diam pasif tapi bagaimana dia mencari solusi hingga bisa keluar dari kesulitan hidup.
“Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin. Sungguh seluruh perkara adalah kebaikan baginya. Yang demikian itu tidaklah dimiliki oleh seorangpun kecuali seorang mukmin. Jika mendapatkan kelapangan ia bersyukur maka yg demikian itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa kemudaratan/kesusahan ia bersabar maka yg demikian itu baik baginya.”(HR. Muslim)
3. Hemat 
Jika kesulitan hidup berkaitan dengan penghasilan yang kurang untuk memenuhi hidup maka hemat menjadi salah satu cara untuk bertahan. Kesampingkan segala hal yang bisa dikesampingkan.Membeli segala sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan semata. 

4. Mencari Sumber Penghasilan yang Tambahan
Jika berhemat sudah dilakukan namun kesulitan keuangan belum teratasi maka mecari sumber tambahan penghasilan lain bisa menjadi alternatif. Entah itu berdagang barang atau jasa. Nanti akan ditulis tips atau ide -ide untuk  mencari sumber penghasilan lain,insya allah.

dari google
5. Bersedekah 
Saat kesulitan menghampiri ,kita bisa mencoba untuk lebih rajin bersedekah. Tidak harus berupa uang. Bisa tenaga,misalnya menawarkan bantuan kepada orang lain. Berbuat baik ke makhluk lain,seperti hewan dengan memberinya minum ,bahkan tersenyum manis kepada saudara seiman pun terhitung sedekah. Ada banyak cara untuk berbagi dan ada banyak hal untuk dibagi yang semuanya sebagai pancingan kebaikan untuk kita sendiri. Hakekat berbagi,sedekah, memberi ,dan apapun istilahnya adalah untuk kita sendiri. Banyak sekali hadist hadist tentang sedekah ini,salah satunya ini  "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi)

5. Qana'ah. 
Menerima dengan penuh syukur apa yang sudah dikaruniakan oleh Allah,itu adalah definisi singkat qana'ah. Qana'ah juga menahan kita dari menjadi orang yang serakah ,rakus,dan tamak karena sudah merasa cukup dengan yang ada. 


dari umroh quantum
6. Lebih sering beristighfar.
Ada banyak keajaiban dengan beristighfar. Sebelumnya saya pernah menuliskan kisah seseorang yang semua permintaannya selalu dikabulkan oleh Allah karena dia sering beristighfar. Saat ingin ditempa kesulitan maka istighfar melapangkannya. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).
Semoga kita semua bisa meluaskan cara pandang kita terhadap kesulitan yang dialami,bahwa kesulitan itu bukan hanya kesulitan semata tapi merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita. 

Senin, 30 Januari 2017

Meraih Mimpi dengan Istighfar

Bismillahirrahmanirrahiim...



dari yes muslim
Satu hal yang saya garis bawahi sekali dari sebuah penggalan kisah dari Imam Ahmad bin Hambal yang mencerahkan ini adalah bahwa istighfar itu  adalah salah satu jalan untuk meraih mimpi. Jadi kalau niat sudah lurus, usaha sudah maksimal, maka diperlukan juga istifghar untuk menggapai apa yang kita mimpikan. Hasan Al Bashri rahimahullah  pernah menasehati orang yang mengadu kepadanya tentang masalah masalah hidupnya agar beristighfar setelah usaha maksimal dilakukan namun belum menemui jalan keluar. Istri beliau sempat heran kenapa hanya itu saja nasehatnya?  Beliau rahimahullah membacakan QS Annuh ayat 10-12 :
"Beristighfarlah kepada Tuhanmu - sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun - 
niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan(pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai".

Saya me-rewrite penggalan kisah Imam Ahmad bin Hambal ini buat pengingat saya sendiri dan semoga ada manfaatnya buat orang lain. Kisah ini sering saya putar demi mengingatkan diri agar selalu beristighfar karena kadang untuk beristighfar saja kita lupa

gambar dari http://www.wikiwand.com/
 Suatu hari Imam Ahmad bin Hambal bepergian ke suatu tempat. Tiba waktu magrib beliau mampir di sebuah masjid lalu melaksanakan sholat magrib. Karena sudah malam ,beliau berniat menginap di masjid tersebut namun marbot masjid memintanya pergi karena aturan di masjid tersebut tidak diperbolehkan untuk menginap. Beliau pindah ke teras masjid, lagi lagi marbot masjid menyuruhnya pergi.  Meski Imam Ahmad bin Hambal sudah menjelaskan bahwa ia seorang musafir yang perlu tempat untuk menginap namun sang marbot tetap melarangnya menginap di masjid. Mungkin bertanya tanya,masa marbot tersebut tidak mengenai  Imam besar sekelas Imam Ahmad bin Hambal ? ya karena dahulu memang tidak seperti sekarang di mana wajah seseorang mudah diabadikan hanya dengan sekali cekrek.

Sang Imam pun keluar dari lingkungan masjid. Kejadian pengusiran Imam Ahmad bin Hambal oleh marbot masjid menjadi perhatian seorang pembuat roti yang lokasinya di depan masjid. Pembuat roti tersebut memanggil Imam Ahmad bin Hambal . "Menginaplah di sini,saya ada tempat untukmu,"
Imam Ahmad bin Hambal menerima tawaran pembuat roti. Masuklah ia ke dalam ruangan pembuat roti. Di dalam ruangan Imam Ahmad memperhatikan bagaimana Si pembuat roti selalu beristighfar setiap kali melakukan kegiatan,seperti menguleni roti,memanggang roti,dan lain sebagainya. Imam Ahmad penasaran lalu bertanya,"sejak kapan kau lakukan ini?"(selalu ber-istighfar-red)
Pembuat roti menjawab, "sudah lama,sejak saya masih muda."
"Lalu apa yang kau dapatkan?"
" Apa yang saya minta selalu dikabulkan oleh Allah. Tapi hanya satu yang belum."
"Apa itu ?"
"Saya ingin bertemu Imam Ahmad bin Hambal,"
"Allahu Akbar,"Pekik Imam Ahmad. "Akulah Imam ahmad. Istighfarmu mengantarkan aku ke tempat ini. Istighfarmu membuat aku diusir marbot dan sampailah aku di tempatmu ini. Akulah Imam Ahmad"

dari media pustaka
Semoga Allah selalu memberi kesempatan kita untuk selalu beristighfar karena banyak sekali keutaam istighfar ini,seperti membuka penghalang rezeki, melancarkan urusan, memudahkan mewujudkan cita-cita dan masih banyak lagi.

Jumat, 27 Januari 2017

Sumur Raumah, kecerdasan Utsman Bin Affan

Bismillahirrahmaniraahiim

gambardari http://www.rumahallah.com/
Pada kisah Sumur Raumah yang terkenal ,mungkin kebanyakan orang tahu bahwa stressing point pada kisah tersebut adalah tentang kedermawanan Ustman bin Affan. Tidak salah memang kalau kisah tersebut menggambarkan kedermawanan Ustman .Namun Bagi saya ada point lain yang juga penting untuk kita ambil pelajaran yaitu kecerdasan dan kepiawaian Ustman dalam bernegosiasi. Kepiawaian seorang Ustman mampu membuat seorang Yahudi pemilik sumur Raumah  'menyerah' dan akhirnya  menjual  sumur yang jadi satu satunya sumber air di Madinah saat itu.

Paceklik, kondisi yang tidak diinginkan oleh siapa saja. Bahan makanan susah, air apalagi. Nabi Muhammad SAW dan kaum muhajirin pernah mengalami masa paceklik di kota Madinah. Sangat berat saya bayangkan,,sudah di negeri Arab yang panas eh paceklik. Kaum Muhajirin tentu berat beradaptasi dengan kondisi kekurangan air seperti itu karena saat di Mekkah mereka dimanjakan dengan kucuran air zam zam yang tidak pernah kering. Sedangkan sekarang mereka harus membeli dan antri untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,seperti mandi, berwudhu hingga memasak. Rasulullah SAW tentu tidak tinggal diam dengan kondisi kaumnya yang kesusahan seperti itu. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW Bersabda ,"Wahai sahabatku ,siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk membebaskan sumur itu (Raumah-red) lalu menyumbangkannya untuk umat maka akan mendapat balasan surga-Nya Allah ta'alaa." Sahabat Utsman bin Affan yang kaya dan derwaman langsung mengambil tawaran tersebut tanpa reserve.


foto sari http://www.ariwahyono.com/
Menemui Yahudi Pemilik Sumur
Usai menyanggupi tawaran Rasulullah SAW tanpa reserve, Utsman menemui Si Yahudi. Beliau menyampaikan maksudnya hendak membeli sumur miliknya. Namun Si Yahudi menolak . Utsman terus berusaha membeli dengan menawarkan harga yang sangat tinggi namun Si Yahudi tetap menolak. "Aku tidak akan mendapatkan penghasilan setiap hari bila sumur ini aku jual kepadamu ,wahai Utsman!" Utsman yang cerdas tidak menyerah,beliau menawarkan satu opsi yang nantinya justru akan membuat Si Yahudi menjual sumurnya. Opsi tersebut adalah, Utsman membeli separuh dari sumur tersebut. Saya bayangan dialognya seperti ini
"Bagaimana kalau saya membeli setengahnya?:"
"Setengahnya? Emm boleh juga Ustman." Si Yahudi berpikir,jika dia jual setengah sumur maka dia akan mendapatkan penghasilan dari penjualan sumur yang tinggi dan juga ia akan tetap mendapatkan pemasukan setiap hari.
"oh ya bagaimana mekanisme menjual sumur setengah ini ,waha ustman?"
" Hari ini ,sumur ini milikmu. Besok menjadi milikku. Begitu terus secara bergantian.
SI Yahudi berbinar.

Sumur Dibeli Ustman Seluruhnya!
Tibalah hari di mana sumur milik Si Yahudi, penduduk Madinah  harus membayar untuk mendapatkan air. Ketika tiba hari di mana sumur tersebut milik Utsman, seluruh penduduk Madinah dibolehkan mengambil air secara gratis dan dihimbau agar menyimpan air dalam jumlah yang cukup dipakai sampai 2 hari karena keesokan harinya mereka harus membayar.
Apa yang terjadi ? ya , saat di mana sumur menjadi milik Yahudi, sumur tersebut sepi. Saat di mana sumur menjadi milik Ustaman, Sumur tersebut ramai. Berhari hari seperti itu tentu membuat Si Yahudi harus berpkir lain. Ia mendatangi Utsman bin Affan lalu memintanya agar membeli lagi separuh sumurnya sehingga seluruh sumur menjadi milik Utsman. Tentu saja Utsman mengiyakan. Dan pada akhirnya seluruh penduduk Madinah,termasuk Si Yahudi ,mantan pemilik sumur Raumah boleh menggunakan airnya secara gratis.

Bagi saya jalan berpikir Utsman dengan membeli sumur separo itu unik. Seperti sedang main catur,dia membuat langkah  yang membuat lawan seperti menguntungkan padahal kenyataannya malah mematikan,membuatnya kalah. Jujur saja ,saya kagum dengan cara berpikirnya.

Ternyata di sekitar sumur tersebut kini tumbuh pohon kurma ribuan pohon yang hasilnya dikelola pemerintah Arab Saudi untuk disalurkan ke fakir miskin  dan setengahnya disimpan di rekening dengan nama Utsman bin Affan. Masya Allah. Sungguh pada kisah kisah terdahulu terdapat pelajaran yang teramat bagus dan mahal. Semoga manfaat ya teman....

Kamis, 26 Januari 2017

Kunci Surga

Bismillahirrahmanirrahiim

Biar blog ini lebih 'berasa' dan lebih bermanfaat,insy allah akan saya tulis mengenai kisah nyata,utamanya kisah para rasul, sahabat,tabiin,tabiut tabi'in,dst dst.

Nabi Muhammad mempunyai 4 paman, 2 diantaranya beriman dan berislam,dan 2 lagi masih dalam tetap kekafiran. Paman yang masih dalam kekafiran hingga akhir hayatnya ini ,salah satunya adalah Abu Thalib yang meskipun kaifr tapi Abu Thalib selalu melindungi Rasulullah SAW  dan dakwahnya. Itulah misteri sebuah hidayah,bahwa hidayah adalah hak mutlak Allah SWT . Abu thalib, paman seorang Nabi kekasih Allah, pendukung dakwah pula tapi tetap kafir hingga akhir hayatnya. Naudzubillah min dzalik. Semoga kita selalu dapat hidayah Allah,aamiin.

Saat sekaratnya , Rasulullah SAW berusaha agar pamannya tersebut mengucapkan kalimat tauhid supaya beliau saw bisa memberi syafaat kelak di akhirat dan juga bisa mendoakan namun Abu Thalib menolak.
"Wahai pamanku, ucapkanlah laa ilaha illallah sehingga aku bisa menjadi saksi untukmu di sisi Allah,"
2 kerabat Abu Thalib  yaitu Abu Jahal dan Abdullah bin Abi umayyah menentang anjuran Rasulllah SAW dengan mengatakan,'hai Abu thalib,apakah engakau ingin meninggalkan agama Abdul Muthalib ?
Rasulullah SAW mengulangi kembali permintaannya kepada Abu Thalib agar mengucapkan Laa ilaha illallah namun lagi lagi 2 kerabat tersebut menentangnya hingga akhirnya Abu Thalib memilih tetap dalam kekafiran dan menolak mengucapkan kalimat tauhid yang sebenarnya menjadi kunci surga tersebut. Naudzubillah min dzalik.

Kemudian Rasulullah SAW bersumpah akan terus memintakan ampun pamannya tersebut selama Allah SWT tidak melarangnya . Atas pernyataan Rasulullah SAW tersebut, Allah langsung menurunkan ayat Attaubah ayat 113
مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَىٰ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ
"Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam" 

Semoga kita tetap bisa mengucapkan kalimat tauhid yang penuh keutamaan tersebut hingga akhir hayat karena kalimat laa ilaha illallah adalah kunci surga sebagaimana bunyi hadist riwayat Bukhori Muslim ini 


Barangsiapa mengucapkan ’saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan (bersaksi) bahwa ’Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya, dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya, dan (bersaksi pula) bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya, maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki.” (HR. Muslim no. 149)