Member Of

KEB

Minggu, 12 Februari 2017

Tips Menghadapi Kesulitan Hidup

Bismillahirrahmanirrahiim

Keadaan yang sulit mungkin membuat kita mengeluh. Wajar,kita ini manusia yang sudah digariskan penuh keluh kesah kok. Bayangkan saja, tarif ini  itu naik, bahan baku makanan naik sementara sumber penghasilan hanya itu dan penghasilan pun tidak ikut naik. Tapi ingat,kita juga diberi akal pikiran yang seharusnya digunakan untuk berpikir mencari solusi atas keadaan sulit tersebut. Kita juga punya Allah yang maha kaya. Jadi kalau pun mau mengeluh sebentar  saja,jangan keterusan ,nanti malah tambah sulit hidup kita. Habis mengeluh istighfar hehe.
Kebanyakan kita mungkin gak sadar bahwa sebenarnya kesulitan itu banyak sekali manfaatnya. Kapan doa kita lebih khusyu', saat sulit atau saat senang? kapan usaha kita bisa maksimal, saat sulit atau saat senang ? ya ,saat kesulitan, kesusahan hidup menghampiri, doa-doa kita lebih khusyu', upaya mendekat kepada Allah lebih serius,  usaha kita lebih maksimal. Kesulitan juga menempa jiwa kita menjadi kuat yang bisa survive dalam segala kondisi. Bahan orang -orang sukses,orang -orang besar yang mendunia juga ditempa kondisi yang sulit luar biasa. 

1. Berbaik sangka
berbaik sangka sama Allah itu penting karena Allah itu sebagaimana prasangka hambaNya. Disangka baik ya baik,begitu juga sebaliknya. Dengan berbaik sangka maka cara pandang kita terhadap kesulitan akan berbeda. Bagaimana ya berprasangka baiknya? mungkin Allah ingin kita lebih hemat, mungkin Allah ingin kita lebih mendekat kepadaNya karena selama ini begitu menjauh dengan segala kemudahan yang ada, mungkin Allah ingin kita punya jiwa yang kuat jadi Allah kasih kesulitan,dst dst. Intinya persangkaan yang baik kepada Allah. 
Hadits abu hurairah r.a. ia berkata rasulullah saw.bersabda: "Allah berfirman: 'Aku berada pada sangkaan hamba-Ku, Aku selalu bersamanya jika ia mengingat-Ku, jika ia mengingat-Ku pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkalmaka Aku mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat pada-Ku satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari."

gambar dari yufidTV

2. Bersabar 
Sabar itu selain sebagai sebuah sikap mengendalikan diri, menahan diri untuk tidak mengeluh yang berlebihan, juga merupakan upaya untuk mencari solusi. Dalam kondisi sulit,sabar itu bukan diam pasif tapi bagaimana dia mencari solusi hingga bisa keluar dari kesulitan hidup.
“Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin. Sungguh seluruh perkara adalah kebaikan baginya. Yang demikian itu tidaklah dimiliki oleh seorangpun kecuali seorang mukmin. Jika mendapatkan kelapangan ia bersyukur maka yg demikian itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa kemudaratan/kesusahan ia bersabar maka yg demikian itu baik baginya.”(HR. Muslim)
3. Hemat 
Jika kesulitan hidup berkaitan dengan penghasilan yang kurang untuk memenuhi hidup maka hemat menjadi salah satu cara untuk bertahan. Kesampingkan segala hal yang bisa dikesampingkan.Membeli segala sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan semata. 

4. Mencari Sumber Penghasilan yang Tambahan
Jika berhemat sudah dilakukan namun kesulitan keuangan belum teratasi maka mecari sumber tambahan penghasilan lain bisa menjadi alternatif. Entah itu berdagang barang atau jasa. Nanti akan ditulis tips atau ide -ide untuk  mencari sumber penghasilan lain,insya allah.

dari google
5. Bersedekah 
Saat kesulitan menghampiri ,kita bisa mencoba untuk lebih rajin bersedekah. Tidak harus berupa uang. Bisa tenaga,misalnya menawarkan bantuan kepada orang lain. Berbuat baik ke makhluk lain,seperti hewan dengan memberinya minum ,bahkan tersenyum manis kepada saudara seiman pun terhitung sedekah. Ada banyak cara untuk berbagi dan ada banyak hal untuk dibagi yang semuanya sebagai pancingan kebaikan untuk kita sendiri. Hakekat berbagi,sedekah, memberi ,dan apapun istilahnya adalah untuk kita sendiri. Banyak sekali hadist hadist tentang sedekah ini,salah satunya ini  "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi)

5. Qana'ah. 
Menerima dengan penuh syukur apa yang sudah dikaruniakan oleh Allah,itu adalah definisi singkat qana'ah. Qana'ah juga menahan kita dari menjadi orang yang serakah ,rakus,dan tamak karena sudah merasa cukup dengan yang ada. 


dari umroh quantum
6. Lebih sering beristighfar.
Ada banyak keajaiban dengan beristighfar. Sebelumnya saya pernah menuliskan kisah seseorang yang semua permintaannya selalu dikabulkan oleh Allah karena dia sering beristighfar. Saat ingin ditempa kesulitan maka istighfar melapangkannya. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).
Semoga kita semua bisa meluaskan cara pandang kita terhadap kesulitan yang dialami,bahwa kesulitan itu bukan hanya kesulitan semata tapi merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita. 

Senin, 30 Januari 2017

Meraih Mimpi dengan Istighfar

Bismillahirrahmanirrahiim...



dari yes muslim
Satu hal yang saya garis bawahi sekali dari sebuah penggalan kisah dari Imam Ahmad bin Hambal yang mencerahkan ini adalah bahwa istighfar itu  adalah salah satu jalan untuk meraih mimpi. Jadi kalau niat sudah lurus, usaha sudah maksimal, maka diperlukan juga istifghar untuk menggapai apa yang kita mimpikan. Hasan Al Bashri rahimahullah  pernah menasehati orang yang mengadu kepadanya tentang masalah masalah hidupnya agar beristighfar setelah usaha maksimal dilakukan namun belum menemui jalan keluar. Istri beliau sempat heran kenapa hanya itu saja nasehatnya?  Beliau rahimahullah membacakan QS Annuh ayat 10-12 :
"Beristighfarlah kepada Tuhanmu - sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun - 
niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan(pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai".

Saya me-rewrite penggalan kisah Imam Ahmad bin Hambal ini buat pengingat saya sendiri dan semoga ada manfaatnya buat orang lain. Kisah ini sering saya putar demi mengingatkan diri agar selalu beristighfar karena kadang untuk beristighfar saja kita lupa

gambar dari http://www.wikiwand.com/
 Suatu hari Imam Ahmad bin Hambal bepergian ke suatu tempat. Tiba waktu magrib beliau mampir di sebuah masjid lalu melaksanakan sholat magrib. Karena sudah malam ,beliau berniat menginap di masjid tersebut namun marbot masjid memintanya pergi karena aturan di masjid tersebut tidak diperbolehkan untuk menginap. Beliau pindah ke teras masjid, lagi lagi marbot masjid menyuruhnya pergi.  Meski Imam Ahmad bin Hambal sudah menjelaskan bahwa ia seorang musafir yang perlu tempat untuk menginap namun sang marbot tetap melarangnya menginap di masjid. Mungkin bertanya tanya,masa marbot tersebut tidak mengenai  Imam besar sekelas Imam Ahmad bin Hambal ? ya karena dahulu memang tidak seperti sekarang di mana wajah seseorang mudah diabadikan hanya dengan sekali cekrek.

Sang Imam pun keluar dari lingkungan masjid. Kejadian pengusiran Imam Ahmad bin Hambal oleh marbot masjid menjadi perhatian seorang pembuat roti yang lokasinya di depan masjid. Pembuat roti tersebut memanggil Imam Ahmad bin Hambal . "Menginaplah di sini,saya ada tempat untukmu,"
Imam Ahmad bin Hambal menerima tawaran pembuat roti. Masuklah ia ke dalam ruangan pembuat roti. Di dalam ruangan Imam Ahmad memperhatikan bagaimana Si pembuat roti selalu beristighfar setiap kali melakukan kegiatan,seperti menguleni roti,memanggang roti,dan lain sebagainya. Imam Ahmad penasaran lalu bertanya,"sejak kapan kau lakukan ini?"(selalu ber-istighfar-red)
Pembuat roti menjawab, "sudah lama,sejak saya masih muda."
"Lalu apa yang kau dapatkan?"
" Apa yang saya minta selalu dikabulkan oleh Allah. Tapi hanya satu yang belum."
"Apa itu ?"
"Saya ingin bertemu Imam Ahmad bin Hambal,"
"Allahu Akbar,"Pekik Imam Ahmad. "Akulah Imam ahmad. Istighfarmu mengantarkan aku ke tempat ini. Istighfarmu membuat aku diusir marbot dan sampailah aku di tempatmu ini. Akulah Imam Ahmad"

dari media pustaka
Semoga Allah selalu memberi kesempatan kita untuk selalu beristighfar karena banyak sekali keutaam istighfar ini,seperti membuka penghalang rezeki, melancarkan urusan, memudahkan mewujudkan cita-cita dan masih banyak lagi.

Jumat, 27 Januari 2017

Sumur Raumah, kecerdasan Utsman Bin Affan

Bismillahirrahmaniraahiim

gambardari http://www.rumahallah.com/
Pada kisah Sumur Raumah yang terkenal ,mungkin kebanyakan orang tahu bahwa stressing point pada kisah tersebut adalah tentang kedermawanan Ustman bin Affan. Tidak salah memang kalau kisah tersebut menggambarkan kedermawanan Ustman .Namun Bagi saya ada point lain yang juga penting untuk kita ambil pelajaran yaitu kecerdasan dan kepiawaian Ustman dalam bernegosiasi. Kepiawaian seorang Ustman mampu membuat seorang Yahudi pemilik sumur Raumah  'menyerah' dan akhirnya  menjual  sumur yang jadi satu satunya sumber air di Madinah saat itu.

Paceklik, kondisi yang tidak diinginkan oleh siapa saja. Bahan makanan susah, air apalagi. Nabi Muhammad SAW dan kaum muhajirin pernah mengalami masa paceklik di kota Madinah. Sangat berat saya bayangkan,,sudah di negeri Arab yang panas eh paceklik. Kaum Muhajirin tentu berat beradaptasi dengan kondisi kekurangan air seperti itu karena saat di Mekkah mereka dimanjakan dengan kucuran air zam zam yang tidak pernah kering. Sedangkan sekarang mereka harus membeli dan antri untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,seperti mandi, berwudhu hingga memasak. Rasulullah SAW tentu tidak tinggal diam dengan kondisi kaumnya yang kesusahan seperti itu. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW Bersabda ,"Wahai sahabatku ,siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk membebaskan sumur itu (Raumah-red) lalu menyumbangkannya untuk umat maka akan mendapat balasan surga-Nya Allah ta'alaa." Sahabat Utsman bin Affan yang kaya dan derwaman langsung mengambil tawaran tersebut tanpa reserve.


foto sari http://www.ariwahyono.com/
Menemui Yahudi Pemilik Sumur
Usai menyanggupi tawaran Rasulullah SAW tanpa reserve, Utsman menemui Si Yahudi. Beliau menyampaikan maksudnya hendak membeli sumur miliknya. Namun Si Yahudi menolak . Utsman terus berusaha membeli dengan menawarkan harga yang sangat tinggi namun Si Yahudi tetap menolak. "Aku tidak akan mendapatkan penghasilan setiap hari bila sumur ini aku jual kepadamu ,wahai Utsman!" Utsman yang cerdas tidak menyerah,beliau menawarkan satu opsi yang nantinya justru akan membuat Si Yahudi menjual sumurnya. Opsi tersebut adalah, Utsman membeli separuh dari sumur tersebut. Saya bayangan dialognya seperti ini
"Bagaimana kalau saya membeli setengahnya?:"
"Setengahnya? Emm boleh juga Ustman." Si Yahudi berpikir,jika dia jual setengah sumur maka dia akan mendapatkan penghasilan dari penjualan sumur yang tinggi dan juga ia akan tetap mendapatkan pemasukan setiap hari.
"oh ya bagaimana mekanisme menjual sumur setengah ini ,waha ustman?"
" Hari ini ,sumur ini milikmu. Besok menjadi milikku. Begitu terus secara bergantian.
SI Yahudi berbinar.

Sumur Dibeli Ustman Seluruhnya!
Tibalah hari di mana sumur milik Si Yahudi, penduduk Madinah  harus membayar untuk mendapatkan air. Ketika tiba hari di mana sumur tersebut milik Utsman, seluruh penduduk Madinah dibolehkan mengambil air secara gratis dan dihimbau agar menyimpan air dalam jumlah yang cukup dipakai sampai 2 hari karena keesokan harinya mereka harus membayar.
Apa yang terjadi ? ya , saat di mana sumur menjadi milik Yahudi, sumur tersebut sepi. Saat di mana sumur menjadi milik Ustaman, Sumur tersebut ramai. Berhari hari seperti itu tentu membuat Si Yahudi harus berpkir lain. Ia mendatangi Utsman bin Affan lalu memintanya agar membeli lagi separuh sumurnya sehingga seluruh sumur menjadi milik Utsman. Tentu saja Utsman mengiyakan. Dan pada akhirnya seluruh penduduk Madinah,termasuk Si Yahudi ,mantan pemilik sumur Raumah boleh menggunakan airnya secara gratis.

Bagi saya jalan berpikir Utsman dengan membeli sumur separo itu unik. Seperti sedang main catur,dia membuat langkah  yang membuat lawan seperti menguntungkan padahal kenyataannya malah mematikan,membuatnya kalah. Jujur saja ,saya kagum dengan cara berpikirnya.

Ternyata di sekitar sumur tersebut kini tumbuh pohon kurma ribuan pohon yang hasilnya dikelola pemerintah Arab Saudi untuk disalurkan ke fakir miskin  dan setengahnya disimpan di rekening dengan nama Utsman bin Affan. Masya Allah. Sungguh pada kisah kisah terdahulu terdapat pelajaran yang teramat bagus dan mahal. Semoga manfaat ya teman....

Kamis, 26 Januari 2017

Kunci Surga

Bismillahirrahmanirrahiim

Biar blog ini lebih 'berasa' dan lebih bermanfaat,insy allah akan saya tulis mengenai kisah nyata,utamanya kisah para rasul, sahabat,tabiin,tabiut tabi'in,dst dst.

Nabi Muhammad mempunyai 4 paman, 2 diantaranya beriman dan berislam,dan 2 lagi masih dalam tetap kekafiran. Paman yang masih dalam kekafiran hingga akhir hayatnya ini ,salah satunya adalah Abu Thalib yang meskipun kaifr tapi Abu Thalib selalu melindungi Rasulullah SAW  dan dakwahnya. Itulah misteri sebuah hidayah,bahwa hidayah adalah hak mutlak Allah SWT . Abu thalib, paman seorang Nabi kekasih Allah, pendukung dakwah pula tapi tetap kafir hingga akhir hayatnya. Naudzubillah min dzalik. Semoga kita selalu dapat hidayah Allah,aamiin.

Saat sekaratnya , Rasulullah SAW berusaha agar pamannya tersebut mengucapkan kalimat tauhid supaya beliau saw bisa memberi syafaat kelak di akhirat dan juga bisa mendoakan namun Abu Thalib menolak.
"Wahai pamanku, ucapkanlah laa ilaha illallah sehingga aku bisa menjadi saksi untukmu di sisi Allah,"
2 kerabat Abu Thalib  yaitu Abu Jahal dan Abdullah bin Abi umayyah menentang anjuran Rasulllah SAW dengan mengatakan,'hai Abu thalib,apakah engakau ingin meninggalkan agama Abdul Muthalib ?
Rasulullah SAW mengulangi kembali permintaannya kepada Abu Thalib agar mengucapkan Laa ilaha illallah namun lagi lagi 2 kerabat tersebut menentangnya hingga akhirnya Abu Thalib memilih tetap dalam kekafiran dan menolak mengucapkan kalimat tauhid yang sebenarnya menjadi kunci surga tersebut. Naudzubillah min dzalik.

Kemudian Rasulullah SAW bersumpah akan terus memintakan ampun pamannya tersebut selama Allah SWT tidak melarangnya . Atas pernyataan Rasulullah SAW tersebut, Allah langsung menurunkan ayat Attaubah ayat 113
مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَىٰ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ
"Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam" 

Semoga kita tetap bisa mengucapkan kalimat tauhid yang penuh keutamaan tersebut hingga akhir hayat karena kalimat laa ilaha illallah adalah kunci surga sebagaimana bunyi hadist riwayat Bukhori Muslim ini 


Barangsiapa mengucapkan ’saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan (bersaksi) bahwa ’Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya, dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya, dan (bersaksi pula) bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya, maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki.” (HR. Muslim no. 149)

Selasa, 24 Januari 2017

The otong series : part 2 Berangkat

Bismillahirrahmanirrahiim

nha..akhirnya si otong mau merantau nih demi perbaikan nasib jangka panjangnya . Sedikit sedikit dulu ya ceritanya. Maklum ,aye pan mesti jualan demi perbaikan nasib juga hehe


Otong : “pegimane ye zuk,aye disuruh merantau ke kota ame babe, cari gawe”.

Zuki : “Gawe paan,Tong?”

Otong” “kagak tau,deh.Babe empet liat aye ngurusin cacing mulu'. Kate die, selamenye aye ditolak perawan kalo peganganye cacing mulu. Malu dia,anak gantengnye masih ngejomblo.”


Zuki: “ Yeileh,ganteng dari Hongkong. Iye juge ,sih,Tong. Di zaman yang serba material ini,...”

Otong: “Belibet lidah lu,materialistis...”

Zuki :”nha ntu maksud aye, Tong. Kalo kite cuman pegang cacing aje, mungkin kite orang bakal jomblo sampai kiamat kubro,Tong.”

Otong: “Tapi gawe ape ye? Aye sekole aje kagak tamat.”

Zuki : “Sale elu juga ,sih,Tong. Babe lu capek capek biayain eh madol mulu. Aye nyang mati-matian pengen sekole kagak ade biaye.”

Otong : “Eh pegimane kalo elu ikut ke kota juga. Kite berdua same same Zuk cari gawe.”

Zuki : “heh?! Eh tapi boleh juga, Tong.” Enyak babe bolehin aye kagak ye..”

Otong : “Bole,deh pasti.

Zuki : emang kapan Tong lu berangkat.

Otong : Besok pagi zuk. Tuh nyak aye udeh nebang pisang,buat bekal aye katenye.

Zuki : busyet dah, bekal pisang setandan? Ya kali mau ke besan bawa pisang setandan!

Otong : ape kate nyak babe,deh daripade kualat . Tar di pengkolan, kite jual aje pisangnya hahaha

Zuki : Aye ke rumah dulu ya, bilang enyak babe.

Malem hari di rumah Otong

Babe : elu udeh siapin ntu sarung,sajadah,peci, tasbeh?

Otong : buat ape,beh?

Babe : ye buat sholat,Tong

Enyak : Be, otong mau cari gawe,bukannye mau pindahan. Pan di mesjid nanti juga ade sajadah,nape mesti bawa sajadah,sih be.

Babe : ape kate elu dah pade. Nyang penting lu Tong jangan ampe lupain sholat,berdoa. Si Zuki jadi ngikut,Tong?”

Otong : Jadi,be.

Babe: ni pisang setandan lu pake buat bekel. Ini babe ade duwit sdikit ,lu simpen,ye. Sekarang lu istirahat,tidur, biar besok kagak kesiangan lu bangun pagi.”


Keesokan harinya ,saat hari keberangkatan otong tiba . Zuki sudah di rumah Otong sejak pagi sambil numpang sarapan. Isak tangis enyak babe otong mengiringi kepergian otong.

Enyak : baek baek ye tong,moge aje elu cepet dapet gawe,tong. Jadi cepet bisa kawin

Babe : jangan sedih ye tong elu ninggalin rumeh, buat kebaekan elu tong.sholat,jaga akhlak di luar.

Otong : iye ,nyak,be. Otong berangkat. Assalamu'alaikum. Zuk, lu angkat dah tuh pisang

Zuki : buset dah,aye lagi suruh bawa. Jadi pan ni nanti kite jual ame kong naim,tong?

Enyak babe kaget menoleh ke zuki: ape lu kate? Dijual?!

Zuki : eh ,kagak be,becanda hehe...zuki pamit ye nyak,babe. Assalamu'alaikum






Rabu, 18 Januari 2017

The Otong Series : Part 1 Patah Hati

Bismillahirrahmanirrahiim...

Seri kisah otong akan saya tulis rutin di blog yah. Eh siapa,sih Otong? artis pendatang baru ? atau orang yang masuk DPO? Otong itu...makhluk yang ada manis manisnya gitu deh hehe. Otong adalah salah satu manusia di bumi ini yang kisah hidupnya unik ,salah satunya karena ditolak banyak perempuan. Kurang ganteng atau kurang duwit gituh? ya kayaknya karena dua duanya. Kalau ganteng banyak duwit apalagi sholeh,kayaknya gak mungkin di tolak di zaman yang harga cabe ajah di atas 100 rebo/kg atau peluang tertolaknya 0,000000000001% deh.

Otong anak betawi tapi kerjaannya bukan sembahyang mengaji kayak Si Doel. Trus apa kerjaannya?di mana tinggal tinggalnya?siapa ibu bapaknya? berapa nomor sepatunya? semua pertanyaan itu nanti akan terjawab kok di seri kisah otong ini yang insya allah akan rajin ditulis di blog ini.

Oh ya kenalin ye pemaen pemain the otong series
1. Babe Otong ,namenye Somad bin mamat
2. Enyak Otong ,namenye MpokJuleha,dipanggilnya Mpok Juju
3. Muhammad Otong bin Somad,tokoh utame ni ye
4. Zuki bin Mahmud, sohib kentel Otong dan nasibnya 11 12 dah ame si Otong
5. Muniroh,tetangge Otong,gadis pujaan gitu,deh
6. fatimeh , tetangge otong juga, pujaan otong juga ni. banyak emang gadis pujaan die,sayang aje die kagak ada yang memuja
7.Cimeng, kucing kesayangan otong
8.dll.tar aye tambahin ye, nyari wangsit dulu di tukang bakmi

Langsung aje deh ye..aye pos kisah pertame. Et dah nape jadi betawi gini ngomongnya? lha emang So otong ntu anak betawi . Ini kisah otong meratapi nasibnya yang ditilak cewek pemirsah. Silahkan dibaca dengan seksama dan penuh penghayatan yah


Otong : *gitaran * Bila yangtertulis untukmu adalah....Huhuhu...imeeh. Nape kisah cinte kite mesti begini,ye. srooot...*nyeka ingus
Enyak : Tooong, tolongin enyak!Beli oncom sepapan,ye. Ame pete 3 iket!
Otong : Apes banget naseb aye. Nape kagak bisa menghayati patah hati kayak di sinetron,sih. yang kagak-kagak aje ni si enyak, lagi patah hati suruh beli oncom.
Enyak : yeileh, elu nangis lagi? Tong tong, mangnye perawan di dunie ini cuman imeh. Ntu masih ade munaroh, ade ipeh. kagak kalah cakep ame imeh.
Otong : Aye juga mau,nyak. tapi masalahnye munaroh ame ipeh udeh nolak aye 100 kali. Cuman Imeh aje yang mau nerime aye,nyak.
Enyak : bujug buneng! muke lu kagak jelek-jelek amat tp nape naseb elu ngenes,ye tong.
Babe : *tiba2 nongol* Tong, asal elu banyak duwit, dari mpok nori sampe manohara juga bakal nyungsep ke elu, tong. Sape suruh elu males-malesan sekole. Sekarang ape coba? elu cuman jadi tukang cacing. mane ade perawan mau diumpanin cacing tiap hari? mikir tong,mikir! *nepuk nepuk dengkul*
Otong : jadi aye mesti pegimane,be?
Babe : cari kerja! keluar dari rumeh ini, lu kamane kek biar muke lu juga moncer kagak mirip muke ikan sapu sapu begitu! Bangse kite jangan kalah same pendatang,tong! Lu liat kagak Sumarno, dulu die dateng cuman bawa buntelan! Sekarang lu liat, rumah gedong,mobil bejejer. Elu pikir babe kagak nyesel,tong. nyesel tong! babe nyesel nape dulu kagak sekole,ngandelin tanah babe and enyak aje. makenye babe sekolahin elu tapi elu males-malesan.
Otong : et dah babe, aneknya ikan sapu sapu, babenye ape?
Babe : aye serius tong ! lu beli oncom ame pete trus lu ke kota. capek babe ngomong ame lu. babe ongkosin ama bawa no pisang setandan buat bekel.
Enyak : ya kali zaman si pitung bawa bekal pisang setandan!


Rabu, 28 Desember 2016

Kawasan Wisata Ujung Genteng

Bismillahirrahmaanirrahiim

Peringatan: reviewnya agak panjang karena tempat yang dikunjungi lebih dari satu hehe

Ujung Genteng adalah satu wilayah yang unik karena di sana itu seperti berbaur jadi satu antara alam pantai dan gunung/ hutan. Maka tidak heran lokasi pinggiran pantai tapi banyak tanaman padi atau tanaman khas perkebunan. Hal unik lainnya adalah aksesnya,masya allah, luar biasa. Jalan berliku,berkelok dan naik turun ditambah tikungan tajam benar benar mengguncang adrenalin. Di perjalanan awal kakn kiri jalan berliku adalah tanaman pohon sawit, selanjutnya hutan belantara, selanjutnya lagi perkebunan teh bahkan sempat saya baca ada perkebunan karet. Jadi lengkap banget ya. Selain berkelok dan dan turun, sisi jalan adalah hutan yang rawan longsor atau jurang yang juga rawan longsor. Memang ada sebagian pinggir jalan yang merupakan pemukiman penduduk namun di sebrang pemukiman adalah hutan yang rawan longsor. salut sekali dengan orang yang bermukim di sepanjang jalan berkelok dengan hiasan tikungan tajam tersebut karena sepertinya bisa hidup tenang dengan kondisi rawan bahaya seperti itu. 

Bila musim hujan tiba ,bencana tanah longsor kerap terjadi walaupun skala kecil. Pohon tumbang, jalan tergerus (karena jurang yang longsor) adalah hal lumrah yang bisa kita temui di sepanjang jalan menuju kawasan wisata Ujung genteng. Maka, siapkan fisik yang sehat dan kuat, kondisi kendaraan yang prima (terutama rem ) ,dan kemampuan mengemudi yang memadai bila hendak menuju Ujung genteng. Untuk orang yang mudah panik sebaiknya jangan menyetir,deh soalnya menyetir di akses tersebut butuh konsentrasi dan ketenangan pikiran hehe. Sebaiknya sebelum ke ujung genteng, bawa mobil ke bengkel,cek seluruhnya agar kondisi kendaraan baik,terutama rem. Kan horor kalau di tengah hutan di malam hari mobil mogok maka kondisi kendaraan harus bagus. 

pantai tempat penangkaran penyu
Kalau dari Jakarta atau Depok dengan kondisi jalan normal (maksudnya tidak macet ) maka perjalanan ditempuh lebih dari 5 jam, hampir 10 jam . Usahakan agar tidak melintas hutan di saat malam karena sangat gelap dan rawan,terutama bagi yang belum pernah sama sekali melewati akses tersebut. Sebaiknya berangkat dari Jakarta atau Depok pagi hari agar tidak melewatkan malam di pinggir hutan dan jurang. Bersedekahlah sebelum memulai perjalanan sensasional ini, jangan lupa untuk senantiasa berdzikir. Tapi dibalik aksesnya yang 'amazing' tersebut, Ujung genteng adalah destinasi wisata laut dan hutan atau gunung yang sangat indah.

Bagaimana menuju ke sana
Kalau tujuannya pantai ,sebenarnya panjang ya pantainya jadi bisa masuk dari beberapa tempat. Nanti kalau sudah di sana pasti bisa tahu. Nha bagi yang ingin ke sana bisa gunakan koordinat ini -7.363207, 106.401844 . Tempo hari kami masuk dari titik tersebut namun pulangnya lewat jalan berbeda. Kalau dari Jakatta/ depok masuk tol Jagorawi ke arah Bogor ,pilih yang ke arah Sukabumi. Keluar tol ,ikuti saja jalan hingga terlihat kantor TMC polsek Sukabumi ,kemudian belok kanan. Dari situ petualangan di mulai ,deh. Berdasar informasi dari google,ini rute menuju Ujung genteng dengan kendaraan pribadi .

1. Jakarta/ Depok – ciawi - cicurug – Cibadak – Pelabuhan ratu – Cikembar – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng.
2. Jakarta/Depok – Ciawi – Cicurug – Cibadak- Sukabumi – Jampang Tengah- Jampang kulon – Surade- Ujung Genteng.
Tempo hari kami menggunakan rute nomor 1.

Saran saya ,lebih baik menggunakan kendaraan pribadi (entah milik pribadi attau menyewa ya) terutama bila bersama keluarga. Jika masih jomblo mungkin bisa menggunakan bis (backpacker-an ) hehe.

Begitu terlihat gapura yang menunjukan telah masuk kawasan Ujung Genteng akan dikenakan tarif masuk 30.000/mobil tapi meskipun ada spanduk dispora dan tarif tarif kendaraan, kami tidak diberi semacam tiket atau karcis sebagai bukti sudah bayar. Sempat curiga ini pungli karena dari tempat penarikan tarif dengan pantai sangatlah jauh,mungkin lebih dari 2 km.

kami menginap di sini.kamar extra bed 450,000/malam
Penginapan
Ke Ujung Genteng tetntu harus menginap. Di sana banyak sekali pilihan penginapan. Ada yang jauh dari lokasi pantai,ada yang dekat bahkan di pinggir pantai. Pilih saja sesuai selera. Kalau musim liburan memang rawan kehabisan penginapan ya maka bisa booking terlebih dahulu melalui telepon. Penginapan di sana ada yang berupa kamar (bisa minta extra bed dengan membayar extra juga tentunya) ,ada yang berupa 1 rumah/ homestay. Tarif minimal rata rata untuk penginapan,sih 400-an ribu. Tempo hari saya menannyakan tarif homestay yang lokasinmya agak jauh dari pantai 400.000/malam . Homestay agak dekat pantai sekitar 700.000/malam .Kalau tarif penginapan di pinggiran pantai kami belum tahu informasinya. Beda fasilitas juga beda harga. Penginapan ber-AC tentu lebih mahal daripada hanya menggunakan kipas angin. Kalau keluarga besar atau rombongan lebih baik milih homestay karena bisa masak sendiri untuk menghemat ,itu juga kalau mau hemat hehe.

lokasi terseretnya 3 korban oleh ombak ,pantai pengumbahan
Pantai
Kalau pantai di kawasan Anyer,kan ada namanya di setiap pintu masuk,ya. Misalnya pantai karang bolong,pantai ini itu. Nha di Ujung Genteng ini tidak ada nama jadi untuk tahu namanya saya meraba-raba ,eleuh. Ini ada jembatan bertuliskan Cibuaya,oh berarti ini pantai Cibuaya. Nha paling yang ada tulisan tuh pantai Pangumbahan karena ada gapuranya. Mau nanya nanya juga lupa haha. Yah pokoknya bisa andalkan peta untuk mencari tahu. Menurut informasi yang saya baca ,pantai di kawasan Ujung Genteng ini ada beberapa nama pantai seperti pantai Amanda Ratu, Pantai Cibuaya, Pantai Ujung Genteng (paling ujung ) ,pantai pengumbahan, Pantai ombak tujuh,Pantai Pinarikan, Pantai Minajaya. Oh ya sekitar pantai Ujung Genteng yang paling ujung ,penginapannya terkesan agak kumuh, ada tempat ajeb ajeb juga yaitu karaoke dan kafe. Brisik. Ih,awal datang kami cari di situ tapi untung lihat tempat ajeb ajeb ,langsung,deh cabut jadi menginap di dekat pantai lain. Sebelah pantai Ujung gentang yang paling ujung ini ada hutan konservasi yang dikelola oleh TNI AU. Sempat ingin masuk tapi kata mamang nelayan hanya hutan ajah ,tidak ada apa appa lalu seseorang mendekat,kulihat ada tiket dengan tulisan 25.000 ,kami batalkan,deh hehe. Takutnya 25.000 /orang. Ya mungkin 25.000 untuk satu mobil.

semua anak penyu yang dilepas berjalan menuju laut.
tidak ada yang balik arah atau bingung .
Begitu masuk kawasan pantai Pengumbahan, tepatnya dekat gapura masuk ada segerombol orang yang minta uang masuk Rp10.000/kendaraan tapi herannya, yang bertugas meminta seperti kurang pede karena ada beberapa pengunjung yang dibiarkan saja masuk tanpa dimintai pungutan. Jangan-jangan ini juga termasuk pungli karena ketika hendak masuk ke tempat penangkaran penyu ,kita diminta biaya lagi 10.000/ orang . Masa sampai 2 kali dimintai tarif ya kan? Segerombolan orang tersebut juga seperti abg yang main main. Nha kalau ini bukan resmi karena di karcisnya jelas ada logo pemerintah kabupaten sukabumi, petugasnya juga berseragam.

air sungai mengalir ke laut. salah satu akses menuju penangkaran penyu
jadi kita harus menyebrang. 

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah patuhi aturan, indahkan peringatan yang diberikan petugas. Saat kami di sana ,ada 3 orang terseret ombak dan belum ditemukan hingga kami kembali ke Depok. Konon mereka sebelumnya sudha diperingatkan tapi entahlah,tidak dipatuhi mungkin hingga pagi pagi sekali mereka terseret ombak. Petugas pantai belum lah pada datang. Ombaknya pantai di sana sangat besar. Suara omboknya menggetarkan hati,deh hehe. Maka kalau mau berenang atau main main di air, pilihlah di tempat tempat yang diperbolehkan. Kalau di pantai tempat penangkaran penyu ,kita tidak boleh samp[ai main air,main pasir boleh tapi main air jangan. Karena seringnya terjadi ketika sedang main air di pinggir pantai,ombak tiba tiba datang menggulung dan jarang ada yang jasadnya kembali. Naudzubillah min dzalik. Maka patuhi aturan ya biar kita semua selamat.

anak penyu siap dilepaskan
Satu hal yang unik di pantai Pengumbahan yaitu kita bisa melihat pelepasan anak anak penyu ke laut. Bila malam anak anak penyu tersebut menetas maka di sore harinya mereka harus dilepas ke laut. Masya Allah...insting hewan itu menakjubkan. Baru juga sehari menetas tapi mereka tahu harus kemana ketika dilepaskan di pantai,tidak ada yang berbalik ke pantai,semua menuju ke laut. Konon,35 tahun kemudian mereka akan balik untuk bertelur. Lalu petugas akan mengambil telurnya lalu menempatkan di tempat penetasan. Setelah menetas mereka akan dilepas ke laut. Kita bisa ikut menyaksikan pelepasan anak penyu di sore hari pukul 17.30.



jangan abaikan peringatan ini.


Curug
Selain pantai, kita bisa menikmati curug juga di sana. Sukabumi itu memang indah. Pantai ada, curug ada. Kami mengunjungi 2 curug di sekitar Ujung Genteng ini yaitu Curug Cikaso dan Curug Luhur Cigangsa (Curug Cigangsa). Meski agak jauh dari pantai tapi 2 curug termasuk dalam wilayah destinasi wisata Ujung Genteng. Sangat unik bukan, ada pantai,hutan,dan curug. 







Curug Cikaso
Menurut informasi yang saya baca Curug Cikaso berada di Dusun Ciniti, Cibitung, Kec. Surade, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat . Kalian bisa gunakan koordinat ini -7.358355, 106.620531 untuk menuju curug sangat fantastiis ini. Curug ini memliki 3 air terjun yang masing – masing memliki nama yaitu Curug Asepan (sebelah kiri), Curug Aki (sebelah kanan), Curug Meong (bagian tengah). Saat musim hujan,debit air sangat banyak. Lihatlah ke atas, di mana seolah olah air ditumpahkan, Allah maha hebat telah menciptakan curug. Tumpahan air dari ketinggian 80 m menciptakan ..emm apa ya seperti kabut tipis hingga kita akan kebasahan bila mendekat. 


dermaga sedang dibangun di tempat penyebarangan ke curug cikaso

salah satu titik sungai dibawah curug cikaso
Setelah sampai di tempat parkir sebenarnya tidak jauh untuk menuju ke curug yang tingginya 80 m dan lebar 100 m ini jadi bisa di tempuh dengan jalan kaki. Namun di musim hujan,jalanan sangat tricky dan becek maka lebih baik ditempuh dengan perahu penyebrangan. Tiket menyebrang hanya 65.000 bolak balik. Nanti akan ada seseorang yang menemani dari naik perahu, di curug hingga pulangnya. Beliau juga akan mengawasi keselamatan kita ketika di curug karena curug ini sangat deras dan kita dilarang mandi di curug tersebut. Bisa juga bertanya tanya untuk menggali informasi ke beliau. Jadi, atas jasanya tersebut tolong dikasih tips ya hehe. Ketika kami ke sana, air curug sedang deras banget karena memang musim hujan jadi keindahan curug sungat sangat luar biasa,masya Allah. Atas informasi bapak yang menemani kami, belum lama tempat tersebut terkena musibah yaitu banjir yang sangat tinggi hingga warung yang di pinggir sungai terhempas semua.
Masya Allah..aku bersyukur menyenangi alam alam seperti itu karena lebih banyak dzikirnya .

curug luhur cigangsa dilihat dari tengah tengah
Curug Luhur Cigangsa
Karena bingung nama yang sebenarnya itu Luhur atau Cigangsa jadi saya sebut luhur cigangsa hehe. Curug cigangsa ini diambil dari nama sesepuh di situ yaitu eyang gangsa ,sedangkan disebut luhur karena curug ini ada di atas yang dibawahnya itu sawah sawah. Menuju ke curug ini ,lebih baik bertanya ke warga daripada bingung . Begitu memasuki kawasan curug nanti ada seseorang yang berjaga meminta kita parkir di suatu halaman (bukan lahan parkir ) lalu meminta biaya parkir 15.000 dan tarif per orang ke curug 3000. Kalau minta diantar boleh juga cuman sudah seharusnya membayar lebih ,ya.  









bagian atas curug luhur cigangsa.

dari bagian bawah tapi menyamping 
Uniknya curug ini adalah,kita bisa melihat bagian atas curug yang bermula dari aliran sungai. Kita bisa melihat dari pinggir jalan setapak yang kita lalui. Kemudian, unik yang kedua adalah curug ini punya 3 tingkatan dinding curugnya berupa batu hitam namun berlapis lapis. Unik yang ketiga adalah bila musim kemarau,curug ini kering tapi bila musim hujan sangat deras tapi kotor airnya karena tanah lumpur dan cenderung membayakan karena batunya licin. Curug ini terletak di antara sawah sawah yang ditanami padi .Menuju kebawah sedikit merinding sih soalnya ketika kami ke sana sepi banget hehe jadi saya gak henti henti nyebut deh hehe.Curug ini dimanfaatkan penduduk untuk mengaliri sawah . Kalau menuju bawah curug menurun maka kembali ke atas jalanan nanjak yang bikin ngos ngosan untuk orang yang kurang olahraga hehe. Kalau mau pemandangan yang indah bisa turun ke bawah lagi namun agak memutar jadi kita bisa melihat secara keseluruhan curug yang konon pada zaman penjajahan digunakan untuk bersembunyi tentara ketika melwan penjajah. 



saung dekat curug




Alhamdulillah,selesai menuliskan review kunjungan kami tempo hari. . Bila ada yang ditanyakan, silahkan,ya. Bisa ke FB saya.