Member Of

KEB

Minggu, 21 Januari 2018

Explore Jonggol Part 4 : Villa Khayangan

Bismillahirrahmanirrahiim

Satu lagi destinasi wisata alam di kabupaten Bogor yang bagus banget. Villa Khayangan. Saya lebih senang menyebutnya di Jonggol karena memang itu yang terkenal. Sebenarnya letaknya di kecamatan Sukamakmur namun orang lebih sering menyebutnya Jonggol karena Sukamakmur memang sebuah kecamatan pemekaran dari kecamatan Jonggol. Kalau disebut Villa Khayangan Sukamakmur ,sepertinya kurang pas hehe,lebih enak disebut Jonggol.

Namun ini foto fotonya kurang maksimal,ya. Selain padat pengunjung ,juga kondisinya hujan jadi repot sekali mau ambil foto hehe. 

camping ground
Lokasi dan Akses
Villa yang berhawa sejuk ini letaknya ya sekitaran curug cipamingkis,curugciherang, dan danau rawa gede, tepatnya di kecamatan Sukamakmur tapi orang lebih terbiasa menyebut Jonggol jadi memang satu kawasan,ya. Di pertigaan Jonggol/ Sukamakmur,ke kanan ke Ciherang,ke kiri ke Cipamingkis, nha letak Villa khayangan ini di bawah sebelah kiri dari pertigaan tersebut. Jadi jalan masuknya, dari pertigaan tersebut ke kiri kira – kira 200 atau 300 m . FasilitasBeberapa puluh meter sebelum pertigaan pun bila kita mengok ke sebelah kiri bawah,sudah terlihat letak Villa Khayangan jadi tinggal menuju ke pintu masuknya. Bisa menggunakan google map atau bila sudah sampai di pertigaan,bisa menanyakan ke warga sekitar,di mana pintu masuk Villa Khayangan.

salah satu spot untuk foto : bingkau raksasa
Aksesnya tentu sama dengan yang pernah saya tulis di Curug Cipamingkis dan Curug Ciherang serta danau Rawa Gede . Sekali lagi,pastikan mobil dalam kondisi fit, driver mempunyai skill yang memadai. Biasanya laki laki ya,kalau perempuan kurang cocok di jalur Jonggol. Bagi yang belum terbiasa di jalan berkelok dan menanjak,siapkan obat anti mabuk atau plastik muntah. Oh ya lokasinya hanya bisa dijangkau kendaraan pribadi ya. Untuk kendaraan umum sangatlah jauh.

Fasilitas
Hara tiket masuk ke tempat wisata yang sedang ngehits ini Rp 15.000/ orang untuk weekday (senin-Jumat) dan Rp 30.000/ orang untuk weekend atau hari libur. Anak anak tidak dikenakan biaya tapi mengenai anak anak tanpa biaya ini resmi atau tidak saya tidak tahu tapi yang pasti untuk anak sebesar Haifa tidak dikenakan tarif saat itu. Untuk parkir mobil di area villa saya kurang tahu karena waktu itu saya parkir di luar area villa dengan tarif Rp20.000/ mobil


 saya harganya cukup murah karena fasilitasnya lumayan bagus, seperti
- kolam renang dengan air pegunungan asli yang alami dan dingin
- WC / kamar ganti yang saat ke sana lumayan bersih. Semoga bersih seterusnya
- Spot untuk foto yang banya, keren dan instagrambale banget. Pokoknya untuk pecinta selfi ,cocok banget.
- Taman bermain untuk anak
- Tempat santai,seperti terdapat ayunan, meja meja untuk nongki nongki
- cafe
- Mushola meski terlalu sempit
- Parkiran yang luas

taman anak
Nha fasilitas tersebut bisa kita gunakan tanpa harus membayar lagi. Spot untuk foto yang ngehits saat ini adalah background berbentuk hati dengan bunga bunga, saya tidak tau apa disebutnya. Ada bingkai foto raksasa, Perahu,dll dll. Belum lagi di sekeliling Villa yang merupakan pegunungan dan persawahan. Pokoknya pemandanganya oke banget. Di luar,sebelum masuk villa ada 2 spot foto favorit karena selalu ramai, kita bisa berfoto di tempat ketinggian dengan asesoris seperti sayap dan satu lagi mengesankan seperti outbond. Dua spot foto ini bisa dipakai tanpa harus membayar lagi,cukup menunjukkan tiket yang sudah dibeli. Awalnya ,saya pikir harus membeli tiket lagi namun saya memberanikan diri untk bertanya,apakah perlu membayar lagi? Petugasnya menjawab, cukup pakai tiket masuk yang tadi sudah dibeli.

salah satu sudut kolam renang dengan spot untuk foto 
Fasilitas berbayar pun ada ,yaitu villa dan tenda untuk kemping di lokasi camping ground. Harga sewa villa variatif,mulai dari Rp1000.000/ malam dan untuk sewa tenda di lokasi camping ground Rp500.000/ malam,bisa untuk 6 orang. Untuk camping ground terhitung murah,sih menurut saya. Kalian bisa rombongan dengan teman teman atau sekeluarga. Sewa tendanya ini sudah jadi,ya jadi kita tinggal menempati saja. 





area pertanian dan pegunungan mengelilingi kawasan villa.Indah
Oh ya, karena tempat ini sedang ngehits jadi weekend sangat dipadati pengunjung. Usahakan berangkat pagi pagi sekali jadi ketika sampai di sana masih sepi dan bisa mendapat parkir di dekat Villa. Waktu itu saya kesiangan karena harus kajian dahulu, sampai sana susah sekali untuk parkir dan kendaraan macet saking susahnya untuk parkir. Akhirnya parkir jauh dari Villa, agak mendekat ke Cipamingkis. Akibat kesiangan tersebut,kami kurang bisa menikmati keindahannya,untuk memfoto pun susah karena banyak orang lalu lalu maka hanya seperti di atas foto fotonya. 


Ini daftar harga sewa villa dan tenda di Villa khayangan, ada nomor kontak yang bisa dihubungi. Silahkan disimpan ,akan berguna bila sewaktu waktu membutuhkan. Oh ya,di sana tidak ada sinyal hp,ya. 


1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Mau nanya sis, kalo kesana dengan bis pariwisata medannya memadai tidak yaa??
    Mohon bantuannya min

    BalasHapus