Member Of

KEB

Minggu, 28 April 2013

Indahnya Pantai Karang Bolong



Karang  yang bolong di tengah


Pantai-pantai di kawasan pantai Anyer, Banten memang layak dikunjungi maka tak heran di sepanjang pinggiran pantai anyer banyak terdapat cottage,tempat penginapan, hotel, resort,villa, dan tempat menginap lainnya. Hal ini membuktikan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai Anyer. Salah satu pantai yang terkenal keindahannya adalah pantai Karang Bolong.  Anda tertarik? Simak dahulu ulasan saya mengenai pantai yang dahulu bernama pantai Suraga ini. Setelah itu, saya yakin,Anda akan tertarik lalu merencanakan menuju ke sana :D


Tentang Pantai Karang Bolong dan keindahannya

Pantai Karang Bolong masuk dalam wilayah Desa Karang Bolong ,Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, provinsi Banten.  Untuk masuk ke pantai Karang Bolong ,kita tidak perlu membayar mahal, cukup Rp7000/orang (April 2013). Sedangkan untuk parkir kendaraan yang terdapat di seberang pintu masuk pantai dikenakan biaya Rp20.000.  Disebut Karang Bolong karena di pantai terdapat sebuah batu karang besar yang berlubang di tengahnya. Menurut beberapa sumber yang saya baca lubang tengah pada batu karang tersebut karena terkena air laut terus menerus tetapi sumber lain mengatakan ,hal tersebut akibat letusan gunung Krakatau. Kesimpulannya tebing karang yang berlubang tersebut belum jelas kenapa. Satu yang pasti,kehendak Allah swt hehe. Batu karang yang berlubang di tengah itulah yang dinamakan Karang Bolong dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan apalagi kita bisa naik ke atas batu karang tersebut. Pantai Karang Bolong terbagi menjadi dua bagian, sebelah kiri dipenuhi karang dan di sebelah kanan pantai berpasir.  Jika Anda ingin berenang dengan sensasi deburan ombak maka berenanglah di pantai sebelah kanan.  Pantainya landai dan (kalau tidak salah saya menamainya) terdapat muara yaitu tempat bertemunya air laut dan air sungai . Saya terkagum kagum bisa melihat air sungai yang menuju ke laut. Semoga hal itu memang muara,ya. Di pantai yang paling kanan,airnya biru jernih dan ombaknya lebih tinggi serta pantainya bersih. Di pantai sebelah kiri yang berkarang pun tak kalah indahnya. Karang-karang yang berlubang begitu astistik diukir oleh air laut. Semakin sore suasana pantai semakin indah dengan langit yang kian biru, awan kian jelas hingga ankhirnya matahari tenggelam.

Pantai landai aman untuk balita dan anak-anak

Menikmati pantai dari atas karang. Indah. 
Karang yang indah. Romantis.

Karang,Menjadi daya tarik tersendiri






Minum kelapa muda di pinggir pantai menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.  Hanya dengan mengeluarkan Rp8000, Anda bisa menikmati kesegaran air kelapa muda dengan sensasi suasana pantai. Pedagang emping melinjo yang lebar-lebar berlalu lalang menawarkan dagangannya. Tak ketinggalan pedang  ikan asin. Anda dapat menyewa tikar dengan harga sewa Rp15.000 selama Anda di sana. Jika ingin memotret karang dari berbagai sudut, Anda dapat menyewa kapal untuk mengitarai pantai. Harga sewa kapan Rp150.000. Kapal ini muat sampai 5 orang. Ingin menikmati sensasi dijatuhkan dari kapal,naik saja banana boat dengan harga sewa Rp150.000/paket.
Penginapan di pinggir pantai Karang Bolong

Bagian pantai yang berkarang juga indah



Transportasi

Menuju pantai Karang Bolong bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Saya menggunakan mobil pribadi. Untuk angkutan umum, saya membaca ada angkutan kita menuju Karang Bolong. Jadi pantai Karang Bolong bisa ditempuh dengan angkutan umum. Karena saya dari Depok, maka saya masuk dari tol cisalak menuju ke tol Jagorawi arah Jakarta (lurus aja bukan ke arah Bogor yang belok kanan),bayar Rp6.000. Begitu keluar dari Jagorawi  pilih ke tol dalam kota (lingkar dalam) lalu menyusuri tol Jakarta-Merak, begitu sampai di petunjuk pintu tol Cilegon Barat, bersiap-siaplah ambil kiri untuk keluar. Keluar di tol Cilegon Barat lalu ke arah kiri, ikutin petunjuk jalan menuju Anyer/Carita. Sepanjang jalan terdapat beberapa kawasan industri Krakatau Steel  jadi akan banyak ditemui truk-truk sangat besar. Di depan kantor Krakatau Steel ada ruas jalan yang sangat rusak. Bukan saja berlubang tetapi sampai seperti kawah. Mungkin akibat truk truk besar itu. Entah kenapa dibiarkan saja padahal sangat berbahaya. Tetapi jalan selanjutnya relatif bagus. Sesampai di kawasan pantai Anyer sebelum pantai Karang Bolong,kita akan menemui banyak pantai ,seperti pantai tanjung Tum, Pantai Kelapa Gading, pantai Sirih,dan masih banyak lagi pantai indah lainnya.
Untuk menikmati semua pantai di kawasan Anyer, sebaiknya merencanakan untuk menginap di salah satu tempat menginap lalu masuki setiap pantai yang ada karena kalau tidak menginap waktu kita akan habis di salah satu pantai saja. Seperti telah di sebut di atas, di kawasan pantai Anyer banyak terdapat villa, cottage,dan tempat menginap lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih detail,Anda bisa mendatanginya langsung.



Makanan
Untuk urusan wisata kuliner, aneka makan sea food banyak ditemui di rumah makan di pinggir jalan. Untuk oleh-oleh, Anda dapat membelinya dk pusat perbelanjaan oleh-oleh yang banyak terdapat di sepanjang  jalan Anyer . Sayangnya lebh mahal dari harga di Depok. Untuk sebungkus krupuk bangka lengkap dengan sambal di bandrol Rp20.000 padahal di Depok paling mahal Rp15.000. Jajanan Rambut Nenek aja di supermarket hanya Rp12500, di sana Rp15.000.
Akhirnya sampai jumpa di ulasan tentang keindahan Indonesia lainnya. Salam cinta Indonesia. Merdeka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar