Member Of

KEB

Senin, 08 Januari 2018

Explore Tangerang 1 : Telaga Biru Cigaru/ Danau Cisoka

Bismillahirrahmanirrahiim

Telaga Biru Cigaru/ Danau Cisoka



Di kabupaten Tangerang ada tempat wisata alam yang sedang ngehits dan intagramable meski bukan wisata alam alami,melainkan buatan manusia. .Awalnya melihat info ini di Facebook lalu melanjutkan pencarian di google, ternyata memang bagus sekali terlepas dari segala kekurangannya ,ya. Antusias sekali mengunjunginya karena sepertinya reviewable untuk di blog . Saya yakin belum banyak orang tahu meski tinggal di Jadebotabek,Tangerang khususnya. Saya ulas satu satu secara terpisah,ya supaya tidak keliatan panjang jadi orang gak malas baca hehe.

1. Telaga Biru Cigaru /Danau Cisoka
Bagi yang hobi selfi atau aktif di instagram, Telaga Biru Cigaru/ Danau Cisoka sangat cocok untuk mengambil foto. Airnya biru dan jernih diapit tebing tebing tinggi dilengkapi perahu atau getek yang menyediakan properti untuk selfi.

Telaga biru Cigaru atau Danau Cisoka ini merupakan bekas galian pasir jadi bukan merupakan wisata alam yang alami ,ya. Bekas galian pasir membentuk cekungan dengan genangan air berwarna biru. Setidaknya ada 3 cekungan . Saat saya ke sana ada ssatu cekungan yang yang airnya tidak berwarna biru,meliankan hijau ,air dua cekungan lainnya berwarna biru dan jernih. Ikan yang berenang di dasarnya bisa terlihat. Ternyata airnya memang bisa berubah ubah warna,tergantung tingkat keasaman air.





Lokasi dan Akses
Telaga Biru Cigaru/Danau Cisoka terletak di desa Cigaru,kecamatan Cisoka, kabupaten Tangerang,provinsi Banten. Jika menggunakan google maps atau waze, ketik saja Telaga biru Cigaru nanti akan ditunjukan lokasinya.

Akses menuju kesana lebih baik menggunakan kendaraan pribadi,bisa motor atau mobil karena bila menggunakan kereta api kita turun di stasiun Tigaraksa dan untuk menuju lokasi masih terbilang jauh dan berganti beberapa kendaraan umum karena lokasinya memang di desa . Saran saya gunakan mobil, bisa taksi online,ya ,gak harus mobil pribadi atau motor saja, lebih cepat dan memangkas waktu serta biaya. Bila dari Depok atau Jakarta bisa melalui tol Jakarta Tangerang ,keluar di pintu tol Balaraja Barat .Selanjutnya ikuti saja petunjuk peta,ya.

Tiket
Saat ini untuk masuk ke Telaga Biru Cigaru/Danau Cisoka dikenakan tarif Rp15.000 untuk satu mobil jadi tidak dihitung per-orang,ya. Mungkin untuk motor Rp10.000/ motor. Sedangkan untuk parkir dikenakan lagi Rp10.000 untuk satu mobil. Bila ingin menggunakan fasilitas di sana,seperti perahu untuk selfi atau toilet, tentu tidak gratis,ya.






Fasilitas
Meski sedang berbenah namun fasilitas di kawasan wisata yang beroperasi mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00 ini sudah terssedia . Toilet tersedia meski masih terbatas. Saat ke sana masih bersih karena memang belum lama dibuat. Semoga selanjutnya bersih terus ,ya. Pengunjungnya bisa menjaga kebersihan, penjaganya tidak enggak untuk membersihkan karena toilet ini tidak gratis, Rp2000/ orang. Warung – warung minuman dan snack hingga makan besar banyak berjejer di tepi danau. Mereka menyediakan semacam dipan untuk duduk pengunjung. Namun arena untuk menggelar tikar belum saya temui jadi bila membawa bekal,sebaiknya dimakan di mobil hehe.
Tersedia perahu/gethek yang ditarik dengan tali tambang dengan tarif Rp10.000/ orang untuk dewasa,anak anak Rp5000/orang. Di gethek atau perahu ini ,pengunjung dimanjakan untuk selfi dengan background danau biru yang diapit tebing, asalkan bisa ambil angel yang pas, tidak ada yang menyangka kalau Anda sedang di Tangerang hehe. Properti untuk selfi sudah disediakan,seperti topi pantai,bunga, hingga rangkaian bunga berbentuk hati yang saat ini sedang ngehits banget.

Di danau yang berwarna hijau juga disediakan perahu bebek yang biasa untuk anak anak. Danau yang airnya berwarna hijau ini memang tidak seindah yang berwarna biru jadi terlihat lebih sepi.

Sebaiknya mengunjunginya di sore hari sehingga tidak begitu panas karena bila pagi dan siang, terik matahari sangat terasa. Ketika saya ke sana memang pagi ,namun saat itu sedang mendung. Menurut informasi yang saya dapat bila siang hari sangat panas.

Semoga bermanfaat ya,selamat berkunjung,dan tetap jaga kebersihan,ya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar