Member Of

KEB

Sabtu, 17 November 2012

Royalti Buku

 Males nulis sebanarnya tapi harus dipaksa agar menulis setiap hari di blog :D Jadi aku nulis aja semaunya. Sedikit gpp lah,untuk membiasakan nge-blog lagi.

Alhamdulillah ada kurir mengantarkan laporan royalti penjualan bukuku. Tercatat hampir 1000 ekslempar terjual dalam kurun waktu 5 bulan. Royalti dapat 7 persen karena harus berbagi dengan agen (aku menulis di gramedia lewat agensi naskah). Lumayan,sih hasilnya tapi sudah dipotong dp royalti jadi tinggal sekian ratus ribu. Tetep disyukuri tapi jadi merenung,untuk penulis buku yang masih kayak saya,memang gak bisa mengandalkan  penghasilan menulis semata. Masih untung,saya juga menulis buku dengan sistem jual putus jadi setiap bulan ada pemasukan uang dari menulis yang sudah lumayan lah.

Maka, selain menulis ,saya juga jualan online. Uang menulis pun saya gunakan untuk menambah modal. Karena kalau saya simpan saja, itu tidak produktif tapi kalau gunakan sebagai modal insya allah  produktif jadi bisa membantu suamiku untuk memenuhi kebutuhan kami.

Jadi penulis kudu kreatif dan future oriented. Selain penghasilan menulisnya untuk memenuhi kebutuhan,harusnya juga diinvestasikan mengingat penghasilan menusli itu gak tentu, kecuali ssudah menjadi penulis besar,bukunya banyak dan penjualannya bagus, jadi pembicara juga,dst.

Ah sudahlah nulisnya, lagi gak mood ngapain dipaksain hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar