Member Of

KEB

Minggu, 22 Desember 2019

Explore Jogja Part 8 : Pasir Gumuk Parangkusumo

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Wisata alam di Yogyakarta memang gak ada matinya. Di tiap kabupaten mempunyai berbagai jenis destinasi wisata alam, seperti pantai, curug, hutan, dll.

Nha kali ini kami ke sebuah kawasan wisata di kabupaten Bantul yaitu kawasan wisata parangtritis. Bukan hanya pantai, lho tapi ada curug hingga pemandian air panas dan yang pasti murah karena kebanyakan dikelola oleh masyarakat sekitar. Karena dikelola oleh masyarakat sekitar , maka saya semangat, deh buat mempublikasikannya di blog, supaya makin terkenal. Yuk disimak dan dikunjungi !

Gumuk Parangkusumo
Apa itu gumuk ? Gumuk itu semacam kenampakan alam yang berupa gundukan pasir, seperti gurun. Ternyata proses terjadinya gumuk itu unik, masya Allah. Anginlah yang berperan membentuk gumuk ini. Adapun pasirnya sendiri berasal dari erupsi gunung merapi yang tersebar di sekitar pantai lalu oleh angin diterbangkan dan menjadi gumuk. Subhanallah...destinasi wisata alam memang selalu bikin kita memuji Sang Pencipta atas indahnya ciptaannya. Konon Gumuk Parangkusumo ini salah satu gumuk unik di dunia atau malah yang paling unik. Itulah sedikit gmbaran mengenai apa itu gumuk.



Akses
Gumuk yang biasa digunakan untuk sandboarding ini beralamat di jl pantai karangkusumo, kretek, Bantul, Yogyakarta. Tentu kita harus ke arah kawasan wisata parangtritis. Ada jalur utama dan jalur alternatif untuk menuju ke kawasan parangtritis. Kalau soal keindahan maka jalur alternatif medannya berkelok dan naik turun. Indah sekali. Kanan kiri pepohonan. Tidak macet seperti jalur utama. Hanya saja jarak tempuhnya lebih jauh . Kalau jalur utama memang lebih dekat tapi seringnya macet apalagi saat liburan seperti ini.


Tiket
Jangan khawatir, murah sekali tarifnya. Begitu memasuki gerbang utama kawasan parangtritis, kami membayar 50.000. Menurutku murah karena kami berlima. Untuk masuk Gumuk Parangkusumo , bila menggunakan mobil maka dikenakan parkir 10.000 dan motor 3000. Tidak ada biaya lagi selain itu. Murah, ya.

Fasilitas
Destinasi wisata yang buka mulai subuh hingga pukul 19.00 ini terdapat kafe yang milenials banget, ada spot spot foto yang gak kalah milenial juga. Dan bila kita mau merogoh kocek lebih dalam, pengelola juga menyediakan paket wisata jeep, lho. Dengan mobil jeep, kita akan mengelilingi berbagai destinasi wisata alam di sekitar. Disediakan pula penyewaan skateboard untuk skateboarding dengan biaya sewa 75.000-100.000 namum bisa digunakan sepuasnya. Toilet dan lahan parkir pun memadai. Overall, oke banget bika dibandingkan dengan tiket masuknya.

Sepertinya cukup, ya ulasannya. Oh iya, saat ke sana, cuaca sedang hujam jadi pasirnya basah maka warnanya kecoklatan. Yuk kita pilih destinasi wisata alam yang dikelola oleh bangsa kita sendiri.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar