Member Of

KEB

Minggu, 21 Oktober 2018

Explore Yogyakarta 1 : Upside Down World




Bismillahirrahmanirrahiim…

Ketika disebut Yogyakarta, yang tergambar di benakku adalah tradisional, eksotis, ramah,dan etnik. Menurutku imej sebagai kota pendidikan sudah tidak begitu kental melekat pada kota Yogyakarta namun justru kota wisata yang lebih lekat ke kota yang pernah menjadi ibu kota negara Republik Indonesia ini. Tiap hari libur,kota Yogyakarta selalu padat oleh pengunjung dari luar Yogyakarta sendiri. Tempat wisata pun sangat banyak, mulai dari yang sederhana hingga yang kekinian. Menurut info dari portal berita maupun dari teman teman yang tinggal di Yogyakarta, kemacetan selalu mewarnai ketika libur panjang tiba. Penginapan pun tersebar di seluruh kota ,muali dari yang murah hingga yang mahal. Nha ,benar kan lebih lekat sebagai kota wisata daripada kota pendidikan tapi tetap,sih menyekolahkan anak di Yogyakarta jadi pilihan kami. Kalau jenguk sekalian piknik hehe.





Upside Down Wolrd yang Instagramable !
Nha beberapa hari yang lalu kami mencoba meng-explore Kota Yogyakarta yang eksotis ini. Meski untuk makanan terhitung murah tapi untuk tiket masuk tempat wisata sama ,lho dengan di Jadebotabek, mahal hehe. Tapi masih mendingan ,sih daripada di Jadebotabek, makanan mahal,tiket wisata mahal hehe. Tapi mahal atau murah itu hal relatif,sih. Ini kubilang mahal karena pakai ukuran dompet kami :D


 Tempat pertama yang kami kunjungi adala Upside Down World (UDW) di kabupaten Sleman. Tempat wisata ini memang hanya menawarkan spot foto,sih tapi spot fotonya unik. Menurut info yang saya baca, UDW ini dibuat setelah pembuatan pertama di Bali sukses. Uniknya bagaimana ,sih ? Jadi UDW itu sebenarnya sebuah rumah biasa dengan peralatan rumah tangga seperti yang kebanyakan orang punya, ada kulkas, kompor, ruang tamu,kursi,ranjang, dll . Persis seperti rumah kita,deh. Bedanya,kalau di rumah kita meletakannya secara normal ,nha di UDW ini diletakan secara terbalik. Kulkas terbalik, mesin cuci terbalik ,semua terbalik. Tapi kita gak perlu ikut terbalik,kok bila ingin berfoto hehe. Biar tool edit foto ajah yang membaliknya. Bingung,ya? Tidak perlu. Nanti begitu masuk, ada petugas yang menginformasikan bagaimana cara berfoto, mengarahkan gaya gitu lah. Tidak cukup sampai di situ, Mas penjaga ini juga mau membantu memotret,lho. Di dinding tiap spot pun ada contoh gaya berfoto agar benar benar seperti terbalik. Nha setelah kamu bergaya dan dijepret, beliau akan memberitahu agar foto di rotate. Wah jadi,deh foto terbalik yang unik dan lucu. Instagramable !


Lokasi
UDW berlokasi di jalan Ring road utara, Maguwoharjo,Depok,Sleman,Yogyakarta. Hari gini tidak perlu bingung mencari lokasi yang ngehits sejak 2017 ini, gunakan google map atau wazw tentu saja. Lokasinya di pinggir jalan dengan area parkir yang terbatas,hanya tampak seperti rumah 2 lantai biasa. Saya kurang tahu andaikan pengunjung penuh parkir di mana. Pastinya ada petugas parkir jadi nanti pati akan diarahkan parkir di mana. Biaya parkir dibayar di awal sebesar 5000/ mobil. Bila kalian hendak ke sana,mungkin lebih baik menghindari weekend. Selain parkir penuh juga pasti butuh antri untuk masuk ke UDW. Kalaupun terpak weekend maka datang awal lebih baik. Oh ya,jam UDW buka mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 21.00



TIKET
Meski untuk jajanan terhitung murah tapi untuk tiket wisata ternyata sama saja dengan di Jadebotabek. Menurutku tiketnya relatif mahal, rp80.000/ orang. Bila anak anak di bawah umur rp30.000/ anak. Ya mungkin memang tempat wisata kekinian dan anti mainstream itu mahal apalagi instagramable . Memang tidak membutuhkan waktu lama untuk menjelajahi UDW ini namun namun spot fotonya unik ,mungkin itu yang bikin mahal. Jangan dibandingkan dengan musium ya.












Fasilitas
Fasilitas yang disediakan hanya toilet, ruang tunggu, dan tempat untuk menyimpan sandal/ sepatu karena memasuki ruangannya harus melepas alas kaki. Supaya kaki kita tidak berdebu,gunakan kaos kaki,ya. Kantin pun tidak ada,hanya ada kulkas yang menjual minuman. Mungkin karena hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mengeksplore UDW maka fasilitas pun terbatas.

Untuk menambah informasi lagi mengenai UDW, kalian bisa browsing,ya. Banyak ,kok ulasan tentang tempat wisata yang berdiri sejak 2016 ini. Untuk akses ke sana menggunakan kendaraan apa,kami juga tidak paham karenatidak tinggal di sana hehe. Paling gampang ,sih dengan taksi atau gojek online.  Selamat berkunjung,ya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar