Member Of

KEB

Senin, 24 April 2017

Tampilan Baru PP-TPTEK TMII

Bismillahirrahmanirrahiim...

gbr:www.tamanmini.com
lorong ilusi
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu tempat wisata edukasi yang murah meriah dan menyenangkan . Pilihan tempat wisata edukasinya banyak sekali dan semuanya dengan harga terjangkau untuk rakyat biasa sekalipun apalagi sekarang museum museumnya lebih terlihat cerah,cheerfull,tidak seperti museum pada umumnya yang tampak kusam dan tidak menarik meski ada beberapa yang belum di renovasi,seperi museum telekomunikasi yang tampak kumuh dari luar. Begitu ke dalam ternyata memang mengenaskan  hehe karena banyak atap yang bocor jadi banyak sekali ember penampung bocoran air hujan. Jadi lebih tepat bernama museum ember hehe.

Kali kedua mengunjungi salah satu wahana edukasi di TMII yang mungkin paling banyak dikunjungi anak sekolah yaitu PP IPTEK atau Puspitek atau dulu bernama museum iptek,saya rasakan tampilan yang sekarang lebih bagus, lebih fun dan tidak banyak alat peraga yang rusak seperti dulu. Kalau dulu ,sepertinya tampak tua, kusam ,gak cerah,dan sedikit sekali alat peraganya/  sekarang lebih cheerfull,menyenangkan,lebih lengkap. Banyak alat peraga baru yang mengesankan science is fun. Jadi kita seperti bermain main padahal kita sedang belajar pelajaran sciece. Anak -anak pasti suka. Wahana edukasi yang idenya muncul dari Pak Habibie ini bertujuan menyadarkan kita akan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan.

Tiket masuk PP IPTEK yang hanya 16500 menurut saya terhitung murah untuk bisa menikmati dan menggunakan banyak sekali alat peraga iptek yang tentu saja harganya tidak murah maka saran saya digunakan yang baik, baca petunjuk pemakaian biar tidak cepat rusak. Tiket tersebut khusus masuk PP IPTEK ya  jadi tidak termasuk tiket masuk kawasan TMII dan parkir kendaraan.

Ruang peraga dibagi dalam bberapa jenis. Ruang peraga untuk usia dini ada. Di sini anak bisa main puzle, main musik, mendengarkan suara hewan ,dll. Ruang peraga mekanik banyak mengajarkan banyak hal,misalnya mengajarkan lebih muda mana mendorong atau mengangkat,benda bentuk tertentu lebih mudah didorong,dst . Ada ruang peraga getar dan gelombang. Di ruang ini kita bisa belajar tentang pita suara, ada ruang peraga listrik yang ternyata begitu menakjubkan. Ada ruang peraga matematika, cocok nih buat yang suka matematika. Pada jam jam tertentu juga ada peragaan sains.Waktu peragaan ada di jam jam tertentu,selain tertulis di papan pengumuman juga akan diumukan melalui pengeras suara.

laser trap.seru!
Lalu, apa,sih yang baru di PP IPTEK? ada robot optimus prime di depan pintu masuk hehe. Gak hanya itu ajah,sih . Begitu masuk kita bisa melihat deorama tyrex dan kawan kawan lengkap dengan hutan yang berisi tanaman purba. Deoramanya bergerak dan bersuara jadi persis seperti di hutam taman legenda,wahana baru di TMII. Jadi kita bisa mendengar suara tyrex dan kawan - kawannya.
ruang sain untuk anak
Kemudian, ada permainan baru,seperti mirror waze, laser trap, ilusi, dll. Seru lho main di permainan ini. Ini bukan sekedar permainan,sih tapi bisa dijelaskan secara ilmiah kenapa bisa seperti itu.  Ada sepeda di atas tali juga. Pokoknya overall menggambarkan sciense is fun. Anak-anak gak bakal bosan di sini bermain di wahana yang konon luasnya sekitar 42.000 meter persegi dengan bentuk bangunan yang futuristik.

belajar tentang listrik dan magnet seruu!
Yuk wisata edukasi ke PP IPTEK dan kita jaga sama sama ya sarana dan prasarana di sana. kan buat kita kita juga,ya kan ya kaaan?

belajartentang getaran dan gelombang


















belajartentang gerakan tulang
demo sains

naik sepeda dengan roda kotak hehe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar