Member Of

KEB

Kamis, 28 Desember 2017

Pantai Sambolo 1

Bismillahirrahmaanirrahiim,

pemandangan di tepi  jalan sepanjang kawasan pantai anyer
Meskipun ini bulan Desember yang merupakan saatnya musim penghujan dan cuaca ekstrem tetapi berlibur ke pantai masih menjadi pilihan banyak orang. Sebagai kawasan yang banyak pantai, kecamatan Anyer tentu sering kita jadikan pilihan ketika ingin melewatkan liburan di pantai. Selain indah, di Anyer kita disajikan banyak pilihan pantai. Mau yang berpasir putih atau berkarang, ada semua. Jumlah pastinya berapa pantai di kawasan Anyer belum tahu tapi yang pasti lebih dari 10.

Anyer merupakan sebuah kecamatan di Kota serang. Wilayah yang tidak jauh dari Jakarta dan sekitarnya maka banyak sekali pengunjung di pantai Anyer yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Kalau dari Jakarta atau dari Depok jaraknya hanya sekitar 160-200 km dengan jarak tempuh tanpa macet sekitar 2 s/d 2,5 jam. Tentu beda bila kondisinya macet,ya.


Pantai Sambolo 1 merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan pantai Anyer yang banyak dikunjungi wisatawan lokal. Pasir di pantai ini putih agak kecoklatan. Secara umum memang gak jauh beda dengan pantai pasir putih lainnya di kawasan Anyer. Ombak pantainya memang gak besar tetapi harus tetap diwaspadai apalagi sering pasang tiba tiba meski belum sore. Maka di pintu masuk ada peringatan agar menggunakan pelampung bila ingin mandi di pantai.













Akses
Aksesnya terhitung mudah kalau dari Jakarta dan sekitarnya. Masuk tol arah merak saja hingga keluar di pintu tol Cilegon Timur. Dari pintu tol belok ke kiri,lurus saja nanti akan terlihat banyaknya penginapan atau hotel dan sepanjang jalan sebelah kanan akan di dapati pantai-pantai. Pantai Sambolo 1 letaknya setelah pantai Sambolo 2 kalau dari arah Jakarta. Gunakan google map atau waze untuk menjangkau lokasi,ya.

Tiket masuk
tiket masuk dikenakan per mobil 75.000. Berapa pun jumlah orang yang di dalam mobil tarif tetap sama. Tiket dibayarkan di pintu masuk. Ini hanya tiket masuk,ya bukan  tiket terusan jadi bila ingin memanfaatkan fasilitas seperti wahana permainan, kita harus membayar lagi.

Fasilitas
Seperti pada umumnya pantai – pantai di Anyer, fasilitas MCK,penyewaan alat pelampung hingga tempat makan semua tersedia. Menurut saya MCK-nya kurang terawat dan kurang bersih padahal dikenakan tarif 3000/ orang. MCK kotor dan tak terawat memang menjadi masalah khas destinasi wisata,ya. Mungkin pengelola berpikir kotor atau bersih toh pengunjung tetap membutuhkan.

Di tepian pantai Sambolo 1 terdapat saung saung yang mana bisa kita sewa dengan harga 80.000/ saung. Tidak ada batasan jam jadi bila kita seharian di pantai ,saung tersebut tetap bisa kita pakai. Kita bisa meletakan barang atau makanan di saung tersebut namun tetap hati hati ya dengan keamanan barang barang .

Banana boat atau berkeliling pantai dengan kapal dapat dilakukan di sini. Tarifnya memang lumayan yaitu 200.000. Untuk Banana boat berkapasitas 6 orang. Untuk naik perahu keliling pantai sepertinya sama. Sewa ban dan pelampung cukup fantastis yaitu 20.000/ orang maka kalau punya pelampung sendiri mendingan dibawa hehe.

Di sebelah pantai Sambolo 1 ,ada pantai Marbela, pantai Jambu ,dan lain lainnya. Kita bisa berjalan menyusuri pantai untuk sampai di pantai pantai tersebut tanpa harus keluar dulu. Namun berjalan di pantai,kan tidak bisa cepat dan melelahkan,ya hehe. Ditempuh dengan ATV pun memakan waktu lama apalagi berjalan kaki.

semoga informasinya bermanfaat,ya dan selamat berlibur. Oh ya satu hal yang diwaspadai adalah banyaknya pedagang yang dalam menawarkan dagangannya seperti memaksa, termasuk juga tukang pijit. Jadi siapkan mental,ya hehe. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar