Member Of

KEB

Senin, 08 Agustus 2016

Sky World Indonesia, Belajar dan Bermain Tentang Ruang Angkasa

Bismillahirrahmanirrahiim, Alhamdulillah bisa ke blog ini lagi setelah  nyaris 1 tahun hehe. Yuk ah posting lagi mengenai destinasi wisata di Indonesia. Meskipun tempat wisata yang murah ,semoga sedikit banyak bisa memberikan informasi kepada yang lain dan semoga itu menjadi amal baik ,aamiin.

Seperti biasa, akhir pekan diisi dengan kegiatan santai ,seperti jalan-jalan. Kalau saya maunya mah tidur cantik tapi ada anak anak yang harus dikenalkan dengan  dunia luar. Saya sudah terlalu tua untuk menikmati atau have fun di tempat wisata jadi tujuannya memang buat anak -anak sekaligus untuk ditulis di blog, itu lebih menyenangkan meski ini saya tulis dalam keterbatasan waktu yang amat sangat ,maklum saya emak rampong walaupun saya bekerja di rumah.

Sabtu kemarin saya dan keluarga mengunjungi Skyworld Indonesiadi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang belum jadi 100% namun sudah dibuka untuk umum. Hebat,ya belum jadi 100% ajah pengunjungnya sudah membludak.  Sky world Indonesia ini merupakan sebuah tempat wisata edukasi  yang berlokasi di TMII.  Kalau menyukai astronomi atau hal hal  yang berhubungan dengan antariksa dan aeronautika tempat ini bisa jadi pilihan selain ke Cikini ,Jakarta Pusat.  Desain gedungnya juga space minded  banget lho jadi ketika memasukinya sudah ada chemistry dengan dunia space and aeronautic.  Lokasinya tepat di pinggir jalan jadi kalau membawa mobil,parkir saja di depannya. Oh ya berangklat pagi-pagi bila ingin dapat parkir dekat gedung Sky wolrd. Kalau berangkat siang ,pasti  jalan agak jauh,deh karena lokasi parkir agak jauh.

How to get there? kalau ke lokasi TMII pasti sudah tahu ya naik apa saja, yang paling gampang naik taksi tentunya, tinggal  bilang saja ke TMII hehe.  kalau angkot,dll saya  agak buta soalnya sudah bertahun tahun tidak naik angkot.  Begitu memasuki gerbang TMII, kita membayar biaya masuk dan biaya kendaraan, kalau memang membawa mobil,ya. Kalau berjalan kaki mungkin hanya membayar tiket masuk saja. Tiket masuk TMII 10.000/ orang. Kendaraan mobil 10.000/ mobil. Untuk motor saya belum tahu infonya. Setelah membayar tiket , ikuti saja jalan masuk, mungkin 1 kiloan meter ya letak Skyworld ini. Parkir kendaraan Anda di dekat lokasi ,jangan lupa dikunci yang aman.

peta lokasi di dekat loket
Memasuki gedung Skyword akan disambut oleh 'robot' ala superhero. Saat itu saya ketemu sama optimus prime yang tinggi gede dan Xman atau siapa entah. Enggak hapal saya. Harusnya mah superhero Indonesia,seperti Gatotkaca gitu ya hehe. Boleh kok berfoto sama si robot tapi jangan lupa sawerannya yaa hehe. Memasuki gedung ,di sebelah kiri pintu masuk ada loket, di situlah tempat membeli tiket. Harga tiket 60.000 itu sudah all in lho. Menjelajah skyworld sampai main di tamannya sudah gak bayarapa-apa lagi. Oh ya di sebelah skyworld ada taman bermain . Nha kita bebas bermain di taman tersebut tanpa membayar lagi. Oh ya satu lagi,selain pintu masuk lewat gedung skywolrd sendiri,kita juga bisa masuk lewat taman. Ada loket untu membeli tik et juga sebelum pintu taman. Menurut saya,sih murah ya. Semoga nanti gak naik harganya hehe. Setelah membeli tiket ,mulai ,deh menjelajah skyworld. Di depan pintu masuk ,kita bisa berfoto seperti sedang memakai pakaian astronot dengan background ruang angkasa,menurutku itu di bulan. 

lalu ke ruang sebelahnya kita bisa membaca beberapa astromitologi atau  cerita yang berhubungan dengan antariksa . Ada kisah gatotkaca, gubuk penceng, dst.Kita bisa membacanya di captuon foto yang terpasang didinding. Saya tidak sempat membacanya semuakarena sangat ramai jadi agak kurang nyaman.  Di sediakan juga komputer layar sentuh di 2 titik bila ingin tahu lebih banyak tentang dunia astronomi. 









Lalu ada arkeoastronomi di mana di pasang foto candi borobudur dan candi sukuh masing -masing foto ada captionnya yang bisa kita baca,apa hubungan candi dengan dunia antariksa. Jika ingin para astronot dari Indoensia ,ada ruang yang memajang Foto – foto para atronot dari Indonesia tersebut ,ada Bu Pratiwi Sudarmono.

informasi mengenai sejarah astronomi dari berbagai negara juga bisa kita dapatkan di ruangan ini. Sewaktu sekolah kita belajar sejarah mengenai bagaimana orang -orang dahulu mengetahui arah dengan rasi bintang, mengetahui waktu dengan matahari, dan seterusnya. Itu termasuk ilmu astronomi jadi ilmu astronomi memang sudah ada sejak adanya manusia mungkin,ya 








Ada ruangan untuk memajang miniatur aneka macam roket dan informasi mengenai perkembangan roket dan dunia antaraksi di dunia,mulai dari asia, eropa,afrika,dan benua lainnya. Disediakan juga video perkembangan roket dari tahun ke tahun . Pokoknya informasinya lengkap,deh,bisa kita baca pada foto-foto yang terpasang rapi di dinding dan di komputer layar sentuh yang disediakan. Hati -hati ya menggunakan komputernya supaya tidak rusak,supaya orang lain ikut menikmatinya. Di sana ada teropong yang ada warning “JANGAN DISENTUH” sebaiknya jangan disentuh,apalagi kalau hanya untuk selfie. Mari kita jaga bersama fasilitas yang ada.

Puas menjelajah ruang-ruang yang beisi informasi tentang dunia antariksa,kita bisa menuju ruang planetarium. Persis dengan planetarium Jakarta di Cikini ,hanya saja ruangannya lebih kecil,lebih pendek jadi disini saya agak kurang suka,sih hehe soalnya sudah merasakan planetarium di Cikini .Tapi so far , informatif banget,kok. Hanya saja backsoundnya yang b ikin gak sreg,lagu apa entah, bikin kita gak bisa mentadaburi ayat kauniyah yang sedang ditunjukkan. Coba murotal pasti bisa bikin kita mentadaburi penciptaan alam semesta hehehe.

Keluar dari planetarium,kita bisa menjajal cinema D5. Jangan lupa pasang sabuk pengamannya ya soalnya kursi digoyang goyang hebat daaaann...bersiaplah adrenalin terguncang. Saya berteriak teriak sambil merem merem hihihi. Seru sih meski menegangkan.


Nha kalau sudah puas menjelajah sky world bisa ke taman skyworld. Anak anak pasti suka. Aneka permainan anak,mulai dari futsal, mandi bola, jungkat jungkit,tampolin sampai wahana bermain air ada. Semuanya tidak perlu membayar lagi. Main sepeda saja ada lho. Halamannya cukup luas jadi anak anak pasti suka dan puas bermain di situ. Sebelah taman terdapat kafe atau kantin sampai mini market. Nha kalau mau beli cemilan atau ambil bekal di mobil berarti harus keluar taman, kita bisa ke loket yang letaknya di samping kiri taman (posisinya di atas) dekat lokasi kantin dan tempat makan untuk minta cap/stempel. Kalau sudah ada cap di tangan kita ,kita bisa masuk taman atau skyworld lagi tanpa membeli tiket lagi.

Karena kami membawa bekal maka kami makan dimeja yang sudah disediakan. Meski tempatnya panas tapi mejanya dilengkapi payung. Tetap jaga kebersihan ya,buang sampah pada tempatnya karena disedikan tempat sampah di sekitar meja.








Semoga selain memuaskan para pecinta astronomi dan luar angkasa dengan informasi-informasinya , skyworld juga membawa kita menjadi lebih baik dan dekat dengan Allah. Saat melihat video orang mendarat di bulan,apa yang kita pikirkan? Jauh dari bumi, jauh dari orang, belum mengenal medan kecuali hanya teori -teori, siapa yang akan kita sebut ? Allah. Maha benar Allah dengan segala firmannya karena bagaimana alam semesta tercipta, apa bentuk bumi, hingga garis edar planet dan benda benda angkasa luar sudah termaktub dalama alqur'an jauh sebelum manusia melakukan penelitian.


Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (Surat Al-Anbiyâ´ ayat 30)

3 komentar:

  1. Pengen banget ngajak anak2 ke sini. Alhamdulillah bisa baca blog ini. Aldo anakku yg no 2 salah satu cita2nya jadi astronot. Semoga kesampaian... aamiin.

    BalasHapus
  2. Pengen banget ngajak anak2 ke sini. Alhamdulillah bisa baca blog ini. Aldo anakku yg no 2 salah satu cita2nya jadi astronot. Semoga kesampaian... aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus