Member Of

KEB

Minggu, 12 Februari 2017

Tips Menghadapi Kesulitan Hidup

Bismillahirrahmanirrahiim

Keadaan yang sulit mungkin membuat kita mengeluh. Wajar,kita ini manusia yang sudah digariskan penuh keluh kesah kok. Bayangkan saja, tarif ini  itu naik, bahan baku makanan naik sementara sumber penghasilan hanya itu dan penghasilan pun tidak ikut naik. Tapi ingat,kita juga diberi akal pikiran yang seharusnya digunakan untuk berpikir mencari solusi atas keadaan sulit tersebut. Kita juga punya Allah yang maha kaya. Jadi kalau pun mau mengeluh sebentar  saja,jangan keterusan ,nanti malah tambah sulit hidup kita. Habis mengeluh istighfar hehe.
Kebanyakan kita mungkin gak sadar bahwa sebenarnya kesulitan itu banyak sekali manfaatnya. Kapan doa kita lebih khusyu', saat sulit atau saat senang? kapan usaha kita bisa maksimal, saat sulit atau saat senang ? ya ,saat kesulitan, kesusahan hidup menghampiri, doa-doa kita lebih khusyu', upaya mendekat kepada Allah lebih serius,  usaha kita lebih maksimal. Kesulitan juga menempa jiwa kita menjadi kuat yang bisa survive dalam segala kondisi. Bahan orang -orang sukses,orang -orang besar yang mendunia juga ditempa kondisi yang sulit luar biasa. 

1. Berbaik sangka
berbaik sangka sama Allah itu penting karena Allah itu sebagaimana prasangka hambaNya. Disangka baik ya baik,begitu juga sebaliknya. Dengan berbaik sangka maka cara pandang kita terhadap kesulitan akan berbeda. Bagaimana ya berprasangka baiknya? mungkin Allah ingin kita lebih hemat, mungkin Allah ingin kita lebih mendekat kepadaNya karena selama ini begitu menjauh dengan segala kemudahan yang ada, mungkin Allah ingin kita punya jiwa yang kuat jadi Allah kasih kesulitan,dst dst. Intinya persangkaan yang baik kepada Allah. 
Hadits abu hurairah r.a. ia berkata rasulullah saw.bersabda: "Allah berfirman: 'Aku berada pada sangkaan hamba-Ku, Aku selalu bersamanya jika ia mengingat-Ku, jika ia mengingat-Ku pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkalmaka Aku mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat pada-Ku satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari."

gambar dari yufidTV

2. Bersabar 
Sabar itu selain sebagai sebuah sikap mengendalikan diri, menahan diri untuk tidak mengeluh yang berlebihan, juga merupakan upaya untuk mencari solusi. Dalam kondisi sulit,sabar itu bukan diam pasif tapi bagaimana dia mencari solusi hingga bisa keluar dari kesulitan hidup.
“Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin. Sungguh seluruh perkara adalah kebaikan baginya. Yang demikian itu tidaklah dimiliki oleh seorangpun kecuali seorang mukmin. Jika mendapatkan kelapangan ia bersyukur maka yg demikian itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa kemudaratan/kesusahan ia bersabar maka yg demikian itu baik baginya.”(HR. Muslim)
3. Hemat 
Jika kesulitan hidup berkaitan dengan penghasilan yang kurang untuk memenuhi hidup maka hemat menjadi salah satu cara untuk bertahan. Kesampingkan segala hal yang bisa dikesampingkan.Membeli segala sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan semata. 

4. Mencari Sumber Penghasilan yang Tambahan
Jika berhemat sudah dilakukan namun kesulitan keuangan belum teratasi maka mecari sumber tambahan penghasilan lain bisa menjadi alternatif. Entah itu berdagang barang atau jasa. Nanti akan ditulis tips atau ide -ide untuk  mencari sumber penghasilan lain,insya allah.

dari google
5. Bersedekah 
Saat kesulitan menghampiri ,kita bisa mencoba untuk lebih rajin bersedekah. Tidak harus berupa uang. Bisa tenaga,misalnya menawarkan bantuan kepada orang lain. Berbuat baik ke makhluk lain,seperti hewan dengan memberinya minum ,bahkan tersenyum manis kepada saudara seiman pun terhitung sedekah. Ada banyak cara untuk berbagi dan ada banyak hal untuk dibagi yang semuanya sebagai pancingan kebaikan untuk kita sendiri. Hakekat berbagi,sedekah, memberi ,dan apapun istilahnya adalah untuk kita sendiri. Banyak sekali hadist hadist tentang sedekah ini,salah satunya ini  "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi)

5. Qana'ah. 
Menerima dengan penuh syukur apa yang sudah dikaruniakan oleh Allah,itu adalah definisi singkat qana'ah. Qana'ah juga menahan kita dari menjadi orang yang serakah ,rakus,dan tamak karena sudah merasa cukup dengan yang ada. 


dari umroh quantum
6. Lebih sering beristighfar.
Ada banyak keajaiban dengan beristighfar. Sebelumnya saya pernah menuliskan kisah seseorang yang semua permintaannya selalu dikabulkan oleh Allah karena dia sering beristighfar. Saat ingin ditempa kesulitan maka istighfar melapangkannya. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).
Semoga kita semua bisa meluaskan cara pandang kita terhadap kesulitan yang dialami,bahwa kesulitan itu bukan hanya kesulitan semata tapi merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita.