Member Of

KEB

Senin, 24 Oktober 2016

Explore Jonggol Part 2 :Curug Ciherang

Bismillahirrahmanirrahiim


Alhamdulillah tiba masanya menerusakan petualangan meng-explore the beautiful Jonggol. Suer,deh mulai sekarang jangan underestime Jonggol lagi karena kalian semua bakal terperangah ketika mendapati kenyataan bahwa Jonggol itu sebuah wilayah yang menyimpan keindahan yang luar biasa. Nha kalau Explore Jonggol Part 1, kami ke curug Cipamingkis. Explore Jonggol part 2 kami ke Curug Ciherang. Masya Allah..saya terkagum kagum dengan keindahannya. Sungguh , curug Ciherang ini pas banget untuk menjaga kewarasan emak - emak seperti saya yang setiap harinya uplek sama urusan rumah dan jualan hehe.  Hayuk ah disimak

Akses
ke kiri cipamingkis,ke kanan ke ciherang
Aksesnya sama dengan ketika menuju Cipamingkis ,bisa dilihat di Explore Jonggol Part 1: Curug Cipamingkis.  Kemarin,saat berangkat kami lewat tol Jagorawi arah ke Bogor, keluar di pintu tol Citeureup lalu belok kiri  mengikuti jalan nanti melewati jalan raya mayor oking lalu tempat wisata pasair mukti gitu, selanjutnya saya lupa nama wilayahnya,solusinya ikuti google map atau waze karena kami juga begitu hehe. Banyak terdapat jalan rusak kalau dari arah Citeureup ini, badan sampai terguncang guncang. Bisa lewat sentul juga tapi saya belum mencobanya. Karena memang aksesnya sama ketika menuju curug Cipamingkis maka kondisi jalannya pun sama, penuh tikungan tajam ,sempit namun kanan kiri penuh pemandangan indah. kalau belum mengenal medan,jangan berangkat malam hari dan pastikan kendaraan Anda waras 100 %, BBm full,dan skill menyetir Anda memadai. Jadi memang harus menggunakan kendaraan pribadi ya (bisa motor atau mobil ) karena belum ada angkutan umum.


gerbang kawasan wisata ciherang
Nha ,nanti ketika sampai di sebuah  pertigaan, ada semacam plang besar penunjuk arah, kalau ke kiri maka itu ke arah Curug Cipamingkis, kalau ke kanan ke arah curug Ciherang. Tertulis 300 m ke Ciherang tapi itu 300m ke lokasi ,lho bukan ke curugnya. kalau ke curugnya ,lebih dari 1 km hehe. Setelah pertigaan tersebut aksesnya menantang adrenalin lho,ya jadi hati-hati. oh ya, ini lokasi pertigaan tersebut Pertigaan,klik aja,nanti muncul koordinat. Setelah belok kanan akan melewati jalan yang tidak halus dan hanya muat 2 mobil, beberapa bagian di samping kanan jalan dalah jurang atau wilayah yang jauuuuh lebih rendah dari jalan jadi harus hati-hati. Hanya ada beberapa bagian saja yang ada pembatas. Ikuti jalan saja nanti akan sampai pada loket masuk,disitulah tempat kita membeli tiket masuk.
tarif

Kawasan Curug Ciherang

Camping Ground
Kawasan Curug Ciherang ini sepertinya sudah dikelola oleh swasta karena wilayahnya sudah dibatasi dengan pagar dan banyak cottage atau villa di dalamnya.Jadi selain camping ground ,di sana juga terdapat cottage atau villa dengan harga paling murah 800.000/ malam(villa kecil) . Kemping di camping ground pun juga sudah disediakan penyewaan tenda  tapai kalau mau bawa tenda sendiri pun ,boleh saja. Kita cukup bayar tiket masuk menginap saja,tidak perlu membayar sewa tenda. Kalau kami milih bawa tenda sendiri, kami berempat hanya membayar 75.000 untuk kemping semalam,murah banget ,yaa.  Untuk kemping memang kurang asyik soalnya sudah ada villa atau cottage jadi kurang dapat feel-nya. Kalau mau benar-benar di hutan ,memang ada,agak menjauh dari lokasi cottage atau villa tapi masih ada babi hutan dan monyet usil berkeliaran kata penjaganya. Soal pemandangan, kawasan Curug Ciherang indah sekali,lho.  Kalau Anda sampai disana malam atau ketika loket sudah tutup, Anda ke kantor saja,nanti minta informasi dan melakukan pembayaran di kantor tersebut,ya.


Outbond dan Lainnya

tiket ke rumah pohon rp2000/orang
Outbond dan kebun organik, juga terdapat di kawasan ini. Untuk out bond tentu harus membayar lagi ya. Setahu saya ,untuk flying fox yang cukup panjang dewasa 30.000 dan 25.000 untuk anak-anak. kebun organik yang dimaksud adalah kebun stroberi tapi ketika kami ke sana, kebunnya sedang tidak berbuah setelah sebelumnya diserang hama dan gagal panen.

undakan 1 dan 2 curug ciherang
Rumah pohon menambah keindahan salah satu tempat wisata alam yang masuk kawasan wisata bukit batu ini. Ketika di rumah pohon,akan terlihat keindahan pemandangan alam di bawahnya. Selain tinggi karena di atas pohon, lokasi rumah pohon ini juga terletak di ketinggian. Hal yang sangat menakjubkan adalah ketika di rumah pohon,terlihat bagian curug Ciherang bagian atas. Jalanan menuju  ke rumah pohon dan curug terbuatdari batu - batu pipih yang ditata sedemikian rupa,menambah cantik pemandangan.  Oh ya kendaraan kita bisa diparkir tidak jauh dari rumah pohon ini jadi ketika kita kemping di kawasan camping ground lalu ingin kerumah pohon dan curug, kendaraan bisa dibawa hingga mendekati rumah pohon.

Toilet tersedia sangat banyak ,hanya saja kebersihannya kurang,ya. Entah karena penggunanya atau pengelolanya yang kurang care. terdapat mushola yang kurang bersih juga. Banguan mushola menyatu namun ada pembatasnya dengan rumah ibadah agama khonghucu kalau gak salah karena lilin yang baunya bikin saya pusing.


sungai di bawah curug ciherang
Kalau membawa anaklaki laki,jangan lupa bawa bola ya karena terdapat lapangan sepakbola di sekitar camping ground ini.










Curug Ciherang

Setelah dari rumah pohon,kita bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Curug Ciherang. Saya takjub bukan kepalang melihat curug ini, betapa hebatnyaAllah menciptakan curug sedemikian bagus ini. Namun sedikit mengalami kesusahan ketika  memotret karena  air yang sangat deras bikin kamera saya basah. Saya yang hanya di batu -batu untu mengambil foto ikut basah kuyup tapi seru,sih. Ciri khas curug yang tingginya sekitar 30 meter ini adalah adanya 3 undakan luncuran air. Apa ya disebutnya? bingung saya.  jadi undakan pertama air membentur undakan kedua, lalu membentur undakan ketika maka di undakan ketiga ini air sangat besar dan deras,mirip air bah derasnya. Jadi seperti bertingkat gitu. Ciri lain curug yang berada di desa Sukawangi,Sukamakmur ,kabupaten Bogor ini dihiasai batu batu alam yang berukuran sangat besar. Kemudian jalur air  ke bawah terlihat seperti sungai yang sangat panjang dan tentunya banyak batu alam juga. Kita bisa berjalan di pinggir sungai sambil menikmati indahnya suara gemericik air. Jalan pinggir sungai ini ternyata mengantarkan kita ke bagian depan kawasan wisata ciherang. Kami sempat memotong jalan melalui hutan pinus yang lebat dan menanjak demi sampai di tempat parkir lebih cepat.

pinggir sungai

Oh ya karena sudah jadi tempat wisata yang dikelola dengan baik maka mudah sekali menghubungi pihak pengelola. Dari brosur yang saya baca , anda bisa menghubungi nomor berikut bila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut 081315005016 dan 081289925596 atas nama Yuliana. Saat kami berada di sana ,ada seorang koko mendatangi,welkam sekali orangnya.

Selebihnya,silahkan datang sendiri dan nikmati keindahan Curug Ciherang sepuasnya. Blog ini rasanya takcukup untuk menuliskan tentang keindahan curug ciherang hehe.