Member Of

KEB

Jumat, 07 Juni 2013

Pekan Raya Depok

Panggung Utama 

Mungkin karena selama ini saya melilhat Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang begitu wah maka ketika melihat Pekan raya Depok ini rada mengkerut juga dahi saya. ‘Hanya’ seperti inikah Pekan Raya Depok? Ketika tiba masanya PRJ digelar, jalanan macet total, baleho yang mempromosikan ada di mana-mana, intinya gaungnya sungguh dasyat. Sedangkan PRD? Ya ampun, saya saja tidak tahu ada PRD kalau tidak membaca sebuah status facebook teman saya. Saya mencari-cari spanduk atau bahkan brosur yang mempublikasikan PRD namun tidak ada bahkan di perempatan yang ramai sekalipun. Hingga suatu hari teman saya memberi tahu di mana letak PRD.

Banyak tenda yang kosong

PRD di gelar di lapangan Ikarest yang sangat tidak nyaman karena kalau hujan biasanya sangat becek. Tanahnya tidak rata dan seperti banyak puing-puing. Menurut apa yang dikatakan MC di panggung utama, PRD yang berlangsung dari tanggal 30 Mei-9 Juni 2013 ini bertema Pembangunan. Tetapi saya tidak dapat ‘feel’ pembangunan. Malah menurut saya lebih mirip pasar malam yang suka berpindah pindah tempat itu hehe. Dengan HTM yang hanya Rp5000 , PRD ini memang sangat merakyat apalagi lokasinya di sebuah lapangan terbuka,berbeda dengan PRJ yang HTM nya sangat mahal dan berlokasi di sebuah gedung. Namun sayangnya, PRD yang dapat dikunjungi dari pukul 14.00-22.00 ini seperti kurang dimaksimalkan padahal menurut saya ini sangat potensial. Panitia seperti ‘ogah-ogahan’ mengelolanya karena lokasinya saja cenderung ‘gelap’. Tidak ada kesan meriah yang dapat menarik minat orang lewat. Kalau kita tidak sengaja menengok ketika sedang di berjalan, maka kita tidak akan tahu kalau ada sebuah pekan raya di situ. Lokasi relatif gelap, lampunya kurang bling bling, publikasi kurang maksimal dan kurang meriah. Mungkin karena publikasi yang tidak maksimal itulah yang menyebabkan beberapa stan tenda masih kosong. Bahkan pengunjung pun tidak ramai meskipun ada beberapa artis yang menghibur.

Penataan yang semwrawut

Peserta PRD pun kurang variatif. Rata-rata hanya para pedagang yang biasa mangkal di pasar kaget. Akan lebih dapat ‘feel’ pembangunan kalau  ada peserta dari home industri, sektor pertanian,perkebunan,dan lain sebagainya.  Keberadaan kemidi putar dan beberapa mainan anak-anak melengkapi kesan bahwa PRD mirip dengan pasar malam. Ya,tidak masalah memang mengenai keberadaan mainan anak-anak tapi penataan lokasinya hendaknya yang sesuai.
Intinya, meskipun terkesan merakyat tetapi PRD kurang maksimal dikelola. Tempat di lapangan terbuka memang memungkinkan rakyat  biasa menghadiri PRD apalagi dengan HTM yang murah .Akan tetapi,bukan berarti harus dengan pengelolaan yang seadanya seperti itu. Semoga tahun depan PRD menjadi lebih baik dan tidak kebablasan seperti PRJ yang awalnya ajang pesta rakyat tapi sekarang hanya rakyat tertentu saja yang mampu hadir.


Senin, 03 Juni 2013

Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur




Suasana yang tenang
Jakarta memang sudah dipenuhi dengan  gedung-gedung tinggi menjulang, seolah hendak menandingi ketinggian langit. Sebagian besar wilayahnya sudah menjadi hutan beton. Pembangunan gedung-gedung baru sangat pesat namun tanaman kian sedikit. Tanah untuk resapan air pun minim. Hal itu menjadikan Jakarta sebagai kota yang sangat panas jika musim kemarau dan kota yang selalu dilanda banjir jika musim hujan. Namun, di balik semua itu ,Jakarta masih mempunyai beberapa hutan kota ,salah satunya adalah Taman Rekerasi Wiladatika Cibubur. Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur yang diresmikan tahun 1980 ini mnejadi oase berharga bagi warga Jakarta dan sekitarnya.
Salah satu sudut taman

Terkesan sejuk,asri

Suasana  adem dapat segera kita rasakan ketika memasuki area taman seluas kurang lebih 32 hektar ini. Bagi warga yang tinggal di Jakarta, tentu mengalami penatnya selama hari kerja karena kemacetan yang tak terelakan dan tekanan pekerjaan di kantor yang tidak ada habisnya. Untuk itu,kita perlu beralih suasana di akhir pekan dan Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur bisa menjadi salah satu pilihan. Tiket masuk untuk taman yang mempunyai banyak fasilitas ini hanya Rp6000/orang jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati suasana yang jarang ditemui dalam keseharian ini.  Dengan tiket semurah itu ,Anda dapat menikmati keindahan taman yang dibagi menjadi wilayah barat dan timur ini. Hamparan rumput hijau di tanah yang sangat lapang, beberapa pohon besar dan rumpun bunga yang berwarna warni dengan kupu-kupu beterbangan di atasnya membuat kita betah berlama-lama di sini. Maka tidak heran,setiap akhir pekan,taman yang dahulu bernama taman Bunga Cibubur ini selalu ramai pengunjung.
saat musimnya,Kupu-kupu dapat kita lihat di taman ini


Becak Mini

Anak-anak pun akan menyenangi taman yang dibangun untuk membiayai kegiatan pramuka di Indonesia ini, karena taman ini  dilengkapi dengan taman bermain anak. Alat permainan di area taman bermain dapat digunakan secara gratis. Bermain sepakbola dengan anggota keluarga di taman ini bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan karena terdapat lapangan hijau dengan rumput asli yang cukup luas. Kalau anak Anda ingin merasakan mengayuh becak, di salah satu sudut taman terdapat tempat penyewaan becak mini dengan harga terjangkau yaitu Rp15000,00/30 menit. . Tentu menjadi pengalaman yang mengasyikan bagi si karena bisa mengayuh becak di tengah-tengah taman.

Air Mancur

Lokasi yang tidak boleh dilewatkan adalah air mancur yang tersohor di taman ini. Konon, air mancur ini seringkali menjadi tempat syuting sinetron dan film. Air mancur ini dikelilingin tanaman dan bunga-bunga dengan lebah yang beterbangan di atasnya. Tempat yang menyenangkan untuk sekedar berfoto atau duduk sambil bercengkrama karena terdapat bangku-bangku di sekitar air mancur.
Kolam renang melengkapi taman ini dan kenyataannya,kolam renang menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi. Kolam renang terbagi mnajdi dua yaitu kolam renang untuk anak-anak dan kolam renang untuk dewasa. Dengan membayar tiket Rp20.000/orang, keluarga Anda bisa berenang dengan iringan merdu suara penyanyi di panggung yang terdapat di depan kolam.
Kolam Renang Khusus Anak-Anak

            Ruang pertemuan dan wisma –wisma untuk menyelanggarakan berbagai acara sangat banyak di taman ini,mulai dari taman sebelah barat hingga sebelah timur. Kita dapat menyewanya dengan menghubungi pengelola terlebih dahulu. Jadi, tidak perlu keluar kota bila hendak menyelenggarakan sebuah acara dengan suasana yang nyaman ,seperti reuni. Khusus di taman sebelah timur terdapat lapangan sepakbola yang digunakan untuk berlatih sepakbola beberapa sekolah sepakbola.

Nah, jika belum mempunyai rencana tempat yang akan dikunjungi di akhir minggu, Taman Rekreasi Wiladatika bisa menjadi pilihan Anda. 

Ruang pertemuan terbuka

Rumah Jepang yang sering digunakan untuk menyelelenggarakan berbagai acara

Sebuah wisma