Member Of

KEB

Senin, 27 Mei 2013

Sejuknya Pantai Tanjung Tum



    


       
Terasa Sejuknya
   Pantai-pantai di Anyer,Banten memang unik-unik. Ada yang berpasir putih, berkarang, landai, dan lain sebagainya. Sebelumnya sudah saya tulis mengenai Pantai Karangbolong, sebuah pantai di kawasan Anyer yang eksotis dan romantis. Jika ingin mengetahui review tentang Pantai Karang Bolong,bisa ke Keindahan Pantai Karang Bolong

             Kalau dari arah keluar pintu tol Cilegon Barat maka Pantai Tanjung Tum berada di urutan pertama di antara beberapa pantai di sepanjang Anyer, Banten. Tiket masuk dihitung permobil jadi tidak memperhatikan jumlah orang. Untuk satu mobil dikenakan biaya masuk Rp50.000,00. Begitu memasuki pantai ini, bukan hawa panas khas pantai yang akan kita rasakan. Namun, kesejukan dengan pemandangan hijau dan luas. Area pantai ditumbuhi pohon kelapa yang melambai-lambai ditiup angin.  Tampak asri, indah,dan tenang. Terdapat banyak saung  di pantai ini yang dapat kita gunakan untuk duduk-duduk bersantai  sambil menikmati suasana pantai.  Rumput hijau memenuhi hampir seluruh pantai yang landai ini. Maka ,di pantai ini banyak diselenggarakan berbagai acara karena pantai ini lebih mirip sebuah taman kota. Tentunya keindahan Pantai Tanjung Tum akan lebih sempurna jika kita menikmatinya di sore hari. Kesejukan, keasrian,keindahan,dan ketenangan akan sangat terasa di sore hari. anak-anak akan menemukan 'surga' di sini karena area berumput yang sangat luas sangat pas bagi mereka bermain sepakbola atau permainan lainnya.

Berumput dan Berpohon. Sangat Asri

Panasnya tidak menyengat karena penuh tumbuhan


Lokasi Memancing
             Secara umum,pantai tanjung Tum adalah pantai berkarang. Hanya terdapat sedikit lokasi berpasir yang digunakan untuk berenang anak-anak. Para orang dewasa lebih memilih duduk di bawah pohon yang rindang dan sejuk atau memancing. Pantai yang berkarang memang sangat mengasyikan untuk memancing. 

            Jika ingin menikmati suasana pantai yang berbeda, Tanjung Tum bisa jadi pilihan. Seperti  pernah saya tulis di reveiew Keindahan pantai Karang Bolong, di sepanjang kawasan Anyer terdapat banyak penginapan. Mulai dari yang murah hingga yang mahal. Jika ingin meng-khatam-kan mengunjungi pantai-pantai di Anyer yang indah, Anda dapat menginap di  penginapan-penginapan tersebut. 

Sisi Pantai yang berkarang

Deburan ombak melengkapi keindahan pantai


           
Selamat menikmati keindahan pantai yang akan membawa kita mendekat kepada Sang Serba Maha, Allah swt. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.,Merdeka!

Senin, 20 Mei 2013

Mall Rongsok


           Sebelumnya,saya hendak cerita dahulu mengenai pengalaman saya membeli dan menjual barang bekas di mall tersebut.Satu hal yang harus Anda ketahui apabila hendak mencari barang bekas di tempat ini adalah tahu harga barang tersebut. Karena ketidaktahuan saya mengenai harga barang yang hendak saya beli dan kebiasaan saya tidak menawar, saya membeli sebuah barang bekas tersebut dengan harga yang cukup mahal. Apalagi ketika menjual barang bekas yang saya punya, saya benar-benar merasa bodoh sendiri. Barang sudah diangkut ke lokasi tetapi harga belum jadi. Akhirnya ketika barang bekas saya dibeli dengan harga murah,saya tidak bisa berkutik karena tidak mungkin saya angkut kembali barang tersebut,pertama karena barangnya besar, kedua malu, ketika ,mobil saya kecil. Namun, saya anggap itu sebagai sebuah cost pengalaman. Pengalaman itu memang tidak murah. Maka supaya orang lain tidak seperti saya. saya bagi review-nya di sini.

Tampak dari depan. Cukup luas
              Jangan membayangkan mall ini seperti mall pada umumnya,bersih, rapi, wangi,ber-AC, dan banya SPG cantik yang ramah atau berusaha ramah. Kondisi mall yang ini pengap, lantainya lembab, semrawut, tidak teratur, dan kondisi tidak enak lainnya, seperti keamanan yang tidak terjamin karena saya diikuti dan dipalak seorang pengamen. Ya, karena ini aalah mall rongsok, sebuah tempat jual beli barang bekas yang berada di l Bungur Raya No 1, Kukusan, Depok, Jawa Barat (belakang kampus UI). Bangunan yang lebih pas disebut gudang ini terdiri dari 2 lantai yang memanjang ke belakang. Barang bekas yang dijual memang terhitung lengkap,mulai dari mainan anak, ATK, buku bacaan, pakainan, alat elektronik, alat rumah tangga, hingga sepeda motor.  Anda pun dapat menjual barang bekas di sini. Namun, pandai-pandailah Anda bernegosiasi dengan pemilik karena diawal transaksi,penjual akan membeli barang bekas Anda dengan harga yang sangat rendah. Ketika Anda membeli pun, Anda harus lihai soal tawar menawar karena kalau tidak, Anda akan mengalami hal yang sama dengan yang saya alami diatas.

Buku Bekas




Tv zaman dulu pun ada 

Akses ke lokasi ini sangat mudah. Jika Anda mengetahui lokasi sebuah Tugu perbatasan Depok-Jakarta maka Anda tinggal mencari arah ke Kukusan. Paling tidak 200-300 meter dari perempatan Tugu Anda dapat menemukan lokasi ini. Di sepanjang jalan ini atau di seberang Mall Rongsok, banyak penjual bibit tanaman. Tepatnya, Mall ini terletak di antara 2 perempatan yaitu perempatan Tugu dan perempatan Kukusan. Jika Anda dariJl. Raya Sawangan maka Anda lebih baik berbelok di pertigaan Tanah Baru lalu ikuti jalan sepanjang Jl.Tanah Baru,Beji hingga bertemu perempatan Tugu( yang di tengahnya terdapat sebuah tugu) lalu belok kanan, 200-300 m kemudian Anda akan menemukan lokasi ini. Jika dari Jl.Nusantara maka Anda cukup mengikuti jalan hingga bertemu sebuah perempatan yang bernama perempatan Kukusan lalu ambil kiri, tidak sampai 500 meter,Anda dapat menemukan Mall yang dikelola Pak Nurcholis dan istri ini.
Atap bangunan untuk mendisplay barang elektronik bekas
Mengingat kondisi yang tidak nyaman dan aman, sebaiknya mengindari membawa bayi atau anak-anak,apalagi anak-anak yang mempunyai alergi debu. Jangan lupa untuk mengecek kondisi barang jika ingin membeli,apakah masih layak pakai atau tidak. Untuk alat elektronik,tentu Anda harus melakukan pengecekan yang lebih detail untuk memastikan bahwa alat tersebut masih berfungsi.

 Selama Anda teliti, mengetahui seluk beluk barang, pandai bernegosiasi maka Anda akan beruntung membeli barang di sini. Dan yang pasti membeli barang di sini jauh lebih lama daripada di mall pada umumnya karena Anda harus memilih sendiri barang di antara ribuan jenis barang, mengeceknya lalu menawar untuk mendapatkan harga yang pas.

Kondisi dalam mall yang remang-remang dan lembab


  
Barang yang masih terhitung layak pakai
             Akhirnya selamat mengunjungi Mall rongsok untuk berburu barang bekas yang harganya lebih murah (dengan  catatan Anda tahu seluk beluk barang, pandai menawar :D ). Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Merdeka!



Minggu, 12 Mei 2013

Wisata Edukasi : Museum Zoologi





Anak-anak akan suka mengunjungi musueum ini karena banyak terdapat banyak satwa yang diawetkan . Tujuan pengawetan satwa ini untuk pendidikan dan pengetahuan.  Mulai dari mamalia, reptil hingga serangga ada di sini. Untuk informasi lebih lengkap, simak hasil kunjungan saya beberapa waktu yang lalu.
Museum Zoologi terdapat di dalam kawasan Kebun Raya Bogor (KRB), jadi kita harus membeli tiket masuk Kebun Raya Bogor terlebih dahulu jika ingin mengunjungi museum yang pendiriannya digagas oleh Dr. JC Koningsberger ini. Tiket masuk Kebun Raya Bogor Rp14000/orang ( April 2013) sedangkan untuk membawa mobil ke kawasan KRB (agar mudah mengeksplorasi KRB) dikenakan biaya Rp30.000/mobil. Sepertinya tidak diperkenankan mengelilingi KRB dengan motor karena motor harus diparkir di dekat pintu masuk. Biaya parkir motor hanya Rp5000/ motor. 

Kerangka hewan langka yang membatu




Tugu Kujang
Museum ini menyimpan koleksi 10.000 jenis serangga,600 jenis reptil dan ikan, 650 jenis mamalia, 1100 jenis unggas dan 700 jenis invertebrata lainnya. Semua fauna tersebut tidak ada yang hidup. Awalnya museum ini hanya sebuah laboratorium kecil ketika didirikan (1894) namun selanjutnya berkembang menjadi tempat yang sangat penting bagi pendidikan dan pengetahuan. Jadi, Anda akan merugi bila tidak mampir ke museum ini ketika ke KRB.
Setelah membeli tiket,susuri jalan di sebelah kiri,tidak jauh dari dari pintu masuk terdapat sebuah peta dan setelah peta terdapat jalan pertigaan. Kita bisa belok kiri di pertigaan tersebut untuk menuju museum Zoologi lalu ikuti jalan lalu berbelok ke kiri lagi atau hingga bertemu papan petunjuk menuju museum ini. Kalau tidak menemukan papan petunjuk, Anda bisa bertanya kepada petugas. Sangat mudah menemukan museum yang menyimpan ribuan satwa yang diawetkan ini. Setidaknya tidak sesulit menemukan sebuah jenis pohon diantara ribuan pohon di KRB hehe. Karena letaknya tidak jauh dari pintu masuk maka Anda dapat menempuhkanya dengan berjalan kaki namun menggunakan mobil juga diperbolehkan karena halaman museum dapat digunakan sebagai tempat parkir. 

Kerangka Paus Biru

Pintu Masuk

Tidak perlu membayar tiket lagi untuk masuk ke ruang pamer museum karena tiket KRB itu termasuk tiket terusan. Museum seluas 1.500 m2 dapat kita jelajahi mulai pukul 08.00-16.00. Begitu memasuki ruang pamer utama, kita akan dihadapkan pada 4 buah fosil binatang yang sudang membantu. Selain itu terdapat beberapa jenis burung,seperti bung kasuari,burung hantu, burung elang,dan seterusnya. Ikuti petunjuk untuk menuju ruangan lainnya. Misalnya ruang pamer hewan reptil , serangga,berbagai jenis ikan. Beberapa koleksi saya abadikan dan bisa Anda lihat di bawah ini.
Ular

Rusa dan Serigala


Kasuari

Ular

Serangga




Untuk mencapai museum atau tepatnya KRB ,kita bisa menggunakan mobil pribadi,angkutan umum ,seperti bis ataupun kereta api. KRB dapat dimasuki dari beberapa arah karena terdapat beberapa pintu masuk ,salah satunya pintu masuk dekat Botani Square. Jika menggunakan kereta api,Anda harus turun di Stasiun Bogor. Di sana terdapat angkutan kota. Bertanyalah kepada petugas atau satpam mengenai angkutan kota nomor berapa yang harus Anda naiki. Jarak Stasiun Kota dan pintu masuk KRB tidak terlalu jauh jadi Anda yang tebiasa naik angkutan umum tentu sudah dapat memperkirakan  tarif angkot tersebut. 

Akhirnya,semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya, Merdeka!



Sabtu, 11 Mei 2013

Bakmi Fuad


Rp7000/porsi
Masih tentang kuliner pinggir jalan. Sebenarnya banyak makanan yang dijual di kaki lima atau di pinggir jalan yang tidak kalah enak dengan di tempat makan lain yang lebih bergengsi.  Bahkan ada yang lebih enak. Kali pertama mencoba Bakmi Fuad ini saya teringat dengan tempat makan yang menurut saya mahal yaitu Es Teller 77. Mi yang digunakan mirip dengan mi ayam di resto tersebut. Hanya saja harga berbeda jauh. Di Es Teller 77, kita harus membayar Rp19.000 untuk mendapatkan semangkuk mi namun di Bakmi Fuad cukup membayar Rp7000 saja. 




Bukan saus abal-abal dan sudah saya buktikan
Soal rasa ya tidak jauh beda lah,apalagi dengan harga yang hanya Rp7000/ porsi. Menurut penjualnya,mi tersebut dibuat sendiri dengan tanpa menambahkan bahan tambahan pangan seperti pewarna. Sejak mengetahui hal tersebut, saya selalu ke Bakmi Fuad ketika ingin makan mi karena cenderung lebih aman. Selain itu, saus sambal botolan yang digunakan bukan saus sambal yang murahan namun bermerek .








Banyak pedagang kaki lima di kawasan ini

Jika Anda tinggal di Depok bisa mendatangi Bakmi Fuad di ruas jalan masuk kawasan perumahan Depok Maharaja atau di samping mol Depok Town Center (DTC).  Begitu Anda memasuki komplek dari arah Jl.Raya Sawangan, Anda akan menemukan pedagang kaki lima yang berjajar di kiri jalan dan Bakmi Fuad ada di antara mereka. Warna gerobaknya sangat mencolok yaitu warna hijau terang. Sebenarnya Bakmi Fuad ada di 2 lokasi. Selain di kawasan perumahan Depok Maharaga, juga terdapat di komplek perumahan Poin Mas yang tidak jauh dari Depok Maharaja. Namun, saya belum mengunjunginya meskipun terhitung lebih dekat dari rumah saya.




Selamat makan enak dan Terjangka. Merdeka!